loading...

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ancaman gelombang kedua Covid-19 di Indonesia diperkirakan bakal terjadi usai lebaran 2020 ini.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Dia juga sudah melaporkan potensi ancaman tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Potensi ancaman berikutnya setelah lebaran adalah kembalinya sebagian warga Jakarta yang sudah terlanjur kembali ke kampung halaman sebelum ada larangan mudik,” ujar Doni via telekonferensi, Rabu (20/5/2020).

Gugus Tugas khawatir para pemudik yang kembali ke Ibu Kota ini bisa menjadi carrier Covid-19.

Doni mengatakan, menjelang Lebaran dan usai Lebaran ini adalah masa-masa kritis. Jika seluruh masyarakat ingin segera ke kehidupan new normal, ujar Doni, maka diharapkan dua minggu terakhir ini seluruh elemen masyarakat mematuhi protokol Covid-19.

Polri juga diminta mengambil langkah tegas kepada semua pihak yang melakukan pelanggaran PSBB dan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau masih banyak yang nekat beramai-ramai, bagaimana kita semua bisa menjamin bahwa tak akan ada gelombang kedua,” ujar Doni.

www.tempo.co