JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Mau Tahu Apa Saja Pelajaran Online untuk Peserta Kartu Prakerja? Dari Buat Pempek hingga Berlatih Memancing

Ilustarsi / tribunnews
Ilustarsi / tribunnews

JAKARTA (JOGLOSEMARNEWS.COM ) – Program pelatihan peserta Kartu Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah sudah mulai dijalankan. Meski mendapat banyak kritikan dan masukan mengenai efektifitas pelatihan tersebut, pemerintah tetap menjalankan program tersebut. Saat ini sudah sebanyak 456.265 peserta menerima program pelatihan ini, melalui dua gelombang awal pembukaan.

            Ada delapan mitra yang ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program pelatihan online bagi peserta kartu prakerja ini. Delapan mitra platform tersebut adalah Ruang Guru lewat Skill Academy, Pijar Mahir, Tokopedia, Kementerian Ketenegakerjaan, Pintaria, Bukalapak, Mau Belajar Apa, dan Sekolahmu. Biaya pelatihan ditanggung pemerintah lewat kartu prakerja, masing-masing peserta dianggarkan Rp 1 juta yang nantinya masuk kepada mitra pemerintah tersebut sebagai biaya pelatihan.

            Lantas apa saja materi pelatihan yang ditawarkan kepada para peserta Kartu Prakerja yang diperuntukkan bagi pencari kerja dan korban PHK, korban dirumahkan akibat pandemi Covid-19 ini?. Bila kita buka dalam program Kartu Prakerja, berikut ini di antara sejumlah materi pelatihan online yang ditawarkan tersebut:

  1. Kelas membuat pempek

Pelatihan membuat pempek ini digelar oleh mitra platform Pintaria. Disampaikan disitu pelatihan untuk berbisnis menu pempek, yang dimulai bagaimana cara membuat pempek yang enak dengan dipandu seorang juru masak bernama Chef Alfi. Materi pelatihan mulai dari cara membuatnya, hingga cara menghitung harga jual yang tepat untuk pempek.

  • Pelatihan pengelolaan Masjid

Pelatihan ini dapat diakses di platform Sekolahmu sebagai mitra. Kelas pelatihan ini diberi nama “Masjidku Keren: Pelatihan Pengelolaan Masjid”. Dalam silabus yang dijelaskan dalam promonya, kelas ini membuka materi dengan penjelasan mengenai Islam Wasathiyyah atau Islam yang di tengah. Berikutnya, penjelasan mengenai masjid dalam perspektif Al-Quran dan sejarahnya hingga korelasinya dengan situasi terbaru.

  • Pelatihan dakwah metode online

Peserta akan dikenalkan dengan media dakwah masjid. Dalam penjelasan tujuan pembelajaran, kelas ini menuliskan “Peserta dapat mempraktikkan penggunaan media sosial dan desain grafis online untuk media dakwah.” Peserta juga akan diajarkan manajemen pengelolaan dan pelaporan keuangan masjid berbasis online. Kelas ini berbiaya Rp 350 ribu dengan durasi total 5 jam. Pematerinya adalah Peneliti dan Konseptor Training Pusat Studi Al-Quran (PSQ).

  • Pengetikan Dasar MS Word

Ini adalah kelas pengetikan di program Microsoft Word, salah satu yang ditawarkan mitra Sekolahmu dalam Kartu Prakerja. Program ini ditujukan bagi para lulusan baru. Fasilitatornya adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan Bina Sipirok Jaya Kabupaten Tapanuli Selatan.Dalam silabus yang ditampilkan kelas ini dibuka dengan pengenalan sejarah Microsoft Word. Lalu, pelatihan dasar seperti cara menyimpan, menutup, dan membuka Ms Word, menggunakan fitur copy, cut, dan folder, menggunakan fitur huruf, perataan teks, dan kertas kerja, hingga menggunakan bingkai halan dan membuat kop surat.

  • Kelas Memancing dan Kelautan

Kelas online pelajaran memancing ini terdapat dalam salah satu paket dasar pelajaran yang ditawarkan oleh fasilitator Mina Indonesia. Paket itu diberi nama Paket Dasar Memancing dan Kelautan. Terdapat di web resmi Pra Kerja prakerja.go.id. Di platform Tokopedia, pelatihan dari Mina Indonesia ini diberi nama Paket Dasar Usaha Perikanan (Fisheries skill Starter Pack). Pelatihan dibanderol dengan harga Rp 799 ribu. “Merupakan pelatihan online mengenai skill usaha perikanan seperti dasar-dasar membuka usaha perikanan, jenis-jenis usaha yang dapat dibuat di bidang perikanan dan kelautan, pemasaran dalam usaha perikanan, bagaimana peluang bisnisnya, bagaimana mencari distributor yang tepat.” Penjelasan ini tercantum dalam situs Prakerja tentang kelas ini.

  • Pelatihan menjadi YouTuber

Kelas ini ditawarkan mitra di platform Pijar Mahir. Durasi kursus dapat diselesaikan selama 4 jam secara daring. Fasilitator program ini adalah Rizky R. Dalam promosi kelas, tak dijelaskan kapasitas fasilitator hingga dipilih menjadi pemateri. Nama Rizky R juga tidak banyak diketahui sebagai youtuber. Kelas khusus tentang penggunaan YouTube ini menjadi salah satu yang paling banyak jenisnya di Prakerja. Tak hanya bagi pemula, beberapa platform seperti RuangvGuru juga menawarkan kelas ‘Menjadi Youtuber, Berpenghasilan Jutaan’, hingga ‘Menjadi Content Creator/Youtuber, Berpenghasilan Jutaan’.

  • Pelatihan Bahasa Inggris Dasar untuk Driver Ojol

Kelas ini ditawarkan mitra Pintaria yang menyediakan pelatihan bahasa Inggris untuk driver ojol. Pelatihan ini terdiri dari 7 pertemuan dalam 1 bulan dengan durasi 4 jam per pertemuan. Selain untuk driver ojol, ada juga pelatihan bahasa Inggris untuk driver taksi, resepsionis, pramusaji, sampai pegawai hotel.

            Dana masih banyak lagi jenis-jenis pelatihan online bagi peserta Kartu Prakerja yang ditawarkan para mitra pemerintah tersebut. Ada pula pula pelatihan Mengerjakan Soal CPNS Plus Kunci Jawaban, Pelatihan Menjahit Masker Anti Corona, Pelatihan Menjadi Barista dan Membuka Warung Kopi, Pelatihan Belajar Microsoft Excel, Pelatihan Menghasilkan Uang dari Fotografer, Pelatihan Membuat Kroket Ayam Keju,  Pelatihan Persiapan Mencari Kerja, Pelatuhan Menulis Berita dan lainnya hingga Pelatihan Cara Menulis CV yang Dilirik HRD.

            Pelatihan-pelatihan tersebut saat ini sudah dijalankan. Banyak kritik dan masukan yang disampaikan dari berbagai elemen masyarakat terkait program ini. Misalnya, bentuk-bentuk pelatihan online itu sudah banyak bertebaran di You Tube dan bisa diunduh lebih lengkap serta gratis kapan saja. Llalu bentuk pelatihan online itu tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Misalnya, membuka warung kopi atau usaha lain yang saat ini sedang terpuruk dan tidak ada konsumen.  Bahkan yang sudah berdiri saja banyak yang menutup usahanya. Lalu fasilitator atau pemberi materi  pelatihan diragukan kompetensinya. Dan masih banyak lagi masukan lain.

            Pemerintah sendiri sudah menyatakan akan segera melakukan evaluasi dan revis dari program Kartu Prakerja ini. Apalagi pendaftar program Kartu Prakerja ini juga semakin banyak menyusul makin banyaknya pemutusan hubungan kerja. (A Syahirul)