JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Program “Jogo Tonggo” Warga Dawung Patut Ditiru Daerah Lain, Tak hanya Soal Keamanan, Tapi Juga Bantu Sesama

Program dari visi Kota Solo yakni "Jogo Tonggo" atau menjaga tetangga dijalankan maksimal warga di wilayah Dawung, Kecamatan Serengan. Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Program dari visi Kota Solo yakni “Jogo Tonggo” atau menjaga tetangga dijalankan maksimal warga di wilayah Dawung, Kecamatan Serengan. Banyak kegiatan positif yang dilakukan dalam rangka melawan pandemi Covid-19.

Salah satunya kepedulian warga untuk membantu masyarakat di sekitar yang terdampak wabah tersebut. Salah satunya bantuan pemberian sembako yang berlangsung, Minggu (17/05/20) petang.

Penyaluran sembako dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda tiga memasuki kawasan perkampungan di wilayah Kampung Dawung, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Sembako yang disalurkan berupa beras, mie instan, telur, minyak dan teh.

Baca Juga :  PSI Solo Mengaku Ditawari Uang Hampir RP 1 Miliar untuk Bangun Koalisi Lawan Gibran dengan Mengusung Purnomo- Anung

“Saya rasa kegiatan ini perlu diapresiasi, karena membantu sesama di tengah situasi Corona. Kepedulian warga Dawung yang saling memperhatikan keadaan sekitar atau tentangga cukup tinggi,” kata Camat Serengan, Agung Wijayanto.

Dia memaparkan, program “Jogo Tonggo” tidak hanya soal keamanan di wilayah perkampungan. Namun juga memperhatikan kondisi tetangga sekitar yang kekurangan, atau membutuhkan bantuan.

“Sehingga, gerakan ini lebih efektif dengan memperhatikan tetangga sekitar yang kekurangan. Penyalurannya juga dari warga sekitar, sehingga tepat sasaran bagi mereka yang membutuhkan,” jelas Agung.

Baca Juga :  Kerusuhan di  Pasar Kliwon Solo, Acara Keluarga Dibubarkan Massa, 3 Orang Terluka Sejumlah Mobil Pecah Kaca

Apresiasi juga diberikan Kapolsek Serengan, AKP Suwanto. Dia memaparkan, sembako yang dibagikan tersebut berasal dari sumbangan salah satu warga.

“Jadi kepedulian antarsesama ini yang perlu terus dijaga. Saya mengapresiasi betul kegiatan menjaga lingkungan dan juga kepedulian warga di Serengan,” ujar dia.

“Dalam menghadapi Covid-19 itu, kami dari polsek tetap juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan wabah tersebut. Terutama rajin cuci tangan dan menggunakan amsker adalah pedoman yang wajib dilaksanakan,” tegas Suwanto. Prabowo