JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Satu Warga Krebet Masaran Sragen Positif Covid-19, Relawan Mandegani Langsung Bergerak Gelar Penyemprotan Desinfektan Massal di 2 Kebayanan

Tim Relawan Mandegani Desa Krebet, Kecamatan Masaran, Sragen saat menggelar penyemprotan desinfektan massal di lingkungan rumah warga di dua kebayanan, Minggu (10/5/2020). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Tim Relawan Mandegani Desa Krebet, Kecamatan Masaran, Sragen saat menggelar penyemprotan desinfektan massal di lingkungan rumah warga di dua kebayanan, Minggu (10/5/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belasan tokoh di Desa Krebet, Kecamatan Masaran yang tergabung dalam Relawan Mandegani Desa Krebet berinisiatif menggelar penyemprotan desinfektan massal, Minggu (10/5/2020).

Adanya satu warga setempat yang terpapar positif covid-19 menjadi alasan mereka untuk tergerak melakukan pencegahan dengan sterilisasi lingkungan.

Ketua Relawan Mandegani Desa Krebet, Antok mengatakan kegiatan penyemprotan desinfektan diikuti oleh 10 anggota relawan.

Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil pikap berkeliling ke dua wilayah kebayanan yang terdekat dengan radius domisili warga terpapar covid-19.

“Hari ini kami dari tim Relawan Mandegani Desa Krebet ikut berpartisipasi untuk melakukan penyemprotan desinfektan massal di dua kebayanan. Karena kemarin ada satu warga di desa kami yang dinyatakan positif covid-19. Makanya kami dari relawan desa tergugah untuk melakukan pencegahan agar virus tidak menyebar,” paparnya di sela kegiatan.

Baca Juga :  Dapat Majikan Kejam di Arab, Surani TKW Asal Sragen Mengaku Hanya Digaji 1.000 Riyal Perbulan Sampai 18 Tahun Tak Bisa Pulang. Segini Kalau Dirupiahkan!

Antok menguraikan aksi sosial itu digagas sebagai bentuk kepedulian relawan Mandegani terhadap kondisi desa.

Dana untuk desinfektan bahkan digalang dari iuran para anggota sesuai kemampuan masing-masing.

Termasuk relawan yang tidak bisa ikut kegiatan, juga sudah andil membantu iuran untuk pengadaan desinfektan.

“Kami ada sekitar 17 anggota. Hari ini sebagian ada kepentingan dan tidak bisa ikut. Tapi semua kompak untuk urunan demi penyemprotan desinfektan ini. Ada dua kebayanan yang kita semprot yaitu kebayanan satu dan dua. Kebetulan warga yang positif ada di kebayanan tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, Antok menguraikan giat penyemprotan tersebut dilakukan untuk membantu mencegah agar wabah covid-19 tidak berimbas ke lingkungan lain.

Penyemprotan dilakukan ke semua lingkungan rumah warga, jalan, hingga fasilitas umum dan sosial di dua kebayanan. Termasuk lingkungan rumah warga yang dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Hasil Swab Pertama 10 Pasien Positif Covid-19 Tersisa di Sragen Sudah Negatif. Bupati Yuni Isyaratkan Kabar Baik Ini!

“Kami dari relawan Mandegani selama ini memang bergerak di luar pemerintahan dan membantu masyarakat dalam hal kesehatan, hiburan dan sosial,” tukasnya.

Sementara, Kasi Kesra Desa Krebet sekaligus Satgas Covid-19 Desa Krebet, Winarno membenarkan jika ada satu warga Krebet yang positif terkonfirmasi covid-19.

Menurutnya, yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki dan pernah mengikuti tabligh ijtima ulama di Gowa.

“Iya memang ada satu warga kami yang positif. Pernah ikut ulama Gowa, tahunya setelah diisolasi di Gedung SMS dan dites positif. Posisinya sekarang di Moewardi Solo dan sudah ada rapid test kepada orang terdekat yang kontak erat beberapa hari lalu,” terangnya. Wardoyo