JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dirikan Nazhir Wakaf, Diharapkan Bisa Bangun UNS yang Lebih Baik dan Berkah

Gapura masuk Danau UNS / lisa ariyani

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memiliki Nazhir Wakaf. Nazhir Wakaf UNS ini diresmikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA secara daring, Jumat (26/6/2020) melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Dalam sambutannya, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, Nazhir Wakaf tunai adalah upaya mengumpulkan dana wakaf untuk membangun suatu unit usaha di UNS. Dilihat dari jumlah sivitas akademika UNS, potensi perolehan wakaf uang cukup besar apabila dilakukan secara profesional. Menurut catatan, jumlah mahasiwa aktif UNS tahun 2020 lebih dari 38.000, tenaga pendidik lebih dari 1.700 orang, dan tenaga kependidikan lebih dari 1.400 sehingga total lebih dari 40.000 orang.

“Penggalian potensi ini Insyaallah dapat dilakukan apabila ada lembaga yang mengurus perwakafan di UNS berupa Nazhir Wakaf. Secara kelembagaan, Nazhir Wakaf yang ada di UNS resmi berdiri, dan sudah terdaftar secara resmi di Badan Wakaf Indonesia No: 3.3.00225, dengan nama Yayasan Keluarga Alumni UNS,” terang Prof. Jamal.

Baca Juga :  Program Antar Sayangku Resmi Diluncurkan

Prof. Jamal menambahkan, uang wakaf ini dapat dimanfaatkan dan dikelola secara produktif dan syariah misalnya untuk membiayai pembelian tanah, bangunan, sarana peribadatan, sarana kesehatan, sarana pendidikan, deposito syariah, investasi syariah dan lain-lain. Selanjutnya hasil dari pengelolaan tersebut dapat digunakan misalnya untuk beasiswa, bantuan pendidikan, penanggulangan kebencanaan dan lain-lain. Sedangkan, dana wakafnya sendiri akan tetap terjaga dan abadi.

“Nazhir Wakaf Uang UNS sudah mulai aktif dengan pembukaan 3 rekening di Bank Mega Syariah , BNI Syariah, dan Bank Jateng Syariah dan jumlah uang wakaf tunai yang terkumpul per 26 juni 2020 sebesar Rp. 136.960.918. Yang berasal dari IKA UNS Rp. 100.000.000 dan Rp. 36.960.918 dari wakaf lainnya. Semoga setelah launching pagi ini uang wakaf pada Nazhir Wakaf UNS akan bertambah pesat untuk membangun UNS yang lebih baik dan berkah,” imbuh Prof. Jamal.

Baca Juga :  Covid-19 Solo Makin Mengkhawatirkan, Setiap Muncul Kasus Baru, Hampir Pasti akan Membawa Ekor, Kini Total 533

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BWI, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA mengucapkan selamat kepada Rektor UNS, Ketua IKA UNS dan Pengurus Wakaf UNS atas usahanya untuk memajukan perwakafan Nasional. “Saya ucapkan selamat atas diresmikannya Lembaga Wakaf UNS,” ujar Prof. Nuh. Prihatsari