JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tak Patuh Protokol, Kusir Andong dan Penarik Becak Bakal Dilarang Masuk Malioboro

Andong melintasi Jalan Malioboro, Selasa (11/6/2020). Uji coba pedestrian Malioboro nantinya akan memprioritaskan moda tradisional becak kayuh dan andong / tribunnews
ย ย ย 
Andong melintasi Jalan Malioboro, Selasa (11/6/2020). Uji coba pedestrian Malioboro nantinya akan memprioritaskan moda tradisional becak kayuh dan andong / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Protokol kesehatan di tengah pandemi virus Corona harus dijalankan oleh semua orang tanpa kecuali, termasuk pengayuh becak dan kuair andong di Kota Yogyakarta.

Jika ditemui kusir andong dan pengayuh becak tak patuh protokol, bakal dilarang masuk kawasan Malioboro.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala UPT Malioboro, Ekwanto. Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada kusir andong dan pengayuhย becakย melalui paguyuban.

Kusir dan pengayuhย becakย wajib memakai masker dan face shield, termasuk menyiapkan hand sanitizer.

Selain itu, kusir dan pengayuhย becakย juga wajib memberikan sekat, baik dengan mika, akrilik, atau plastik.

“Sudah kita sosialiasikan lewat paguyuban, agar menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Kusir kami minta untuk menyiapkan penyekat antara kusir dengan penumpang. Kalauย becakย biasanya kan sudah ada, tetapi digulung. Nah selama masa masa pandemi ini, kami minta agar dibuka,” katanya, Kamis (18/6/2020).

Pihaknya juga telah bersepakat dengan paguyuban andong danย becak, untuk melarang andong danย becakย yang tidak memenuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :  Ulat Bulu โ€œSerbuโ€ Kawasan YIA Kulonprogo, Ternyata Ini Sebabnya

“Sudah ada kesepakatan, kalau tidak memenuhi protokol kesehatan ya nyuwun sewu kita minta untuk kondur (kita minta untuk pulang atau tidak boleh masuk). Mulai minggu depan,”sambungnya.

Hingga saat ini, masih sedikit andong danย becakย di Malioboro yang beroperasi, hanya sekitar 5 persen saja.

Namun demikian protokol pencegahan COVID-19 wajib dipatuhi untuk mencegah penularan COVID-19.

Pengurus Paguyubanย Andongย Yogyakarta, Purwanto, mengungkapkan paguyuban andong masih terus melakukan sosialisasi terkuat penerapan protokol kesehatan.

Meski dianggap rumit, namun kusir andong mau menerima protokol baru tersebut.

“Itu imbauan dari pemerintah, kita sosialisasikan, ya agak rumit saja dalam sosialisasi, tapi kusir mau menerima. Sejak Jumat kemarin sudah kami terapkan, pakai masker, face shield, dan hand sanitizer. Kita juga sudah sepakat kalau tidak boleh masuk Malioboro kalau tidak memenuhi protokol itu, mulai 22 Juni,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pura-pura Cari Tempat Laundry, Perempuan Asal Jabar Ini Curi Uang Rp 81 Juta di Bantul

Terkait penerapan jarak, ia mengaku kesulitan, sebab tidak mungkin menerapkan jarak saat mengendarai andong.

Namun demikian, ia memastikan penggunaan masker, face shield, dan hand sanitizer dilakukan.

“Kalau jaga jarak sulit, kan andong beda dengan bus atau kereta. Tidak mungkin menerapkan jarak. Tetapi kan biasanya yang naik andong itu keluarga, nanti di rumah juga bertemu lagi. Yang pasti harus pakai masker, face shield, dan hand sanitizer, jadi aman,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengurus Paguyuban Becak Yogyakarta, Jiyono.

Meski tidak banyak pengayuhย becakย yang beroperasi, paguyuban menekankan kedisiplinan protokol kesehatan.

“Kami sosialisasikan terus, saat ini yang beroperasi paling sekitar 10an, tetapi ganti-gantian. Kami minta agar mendukung anjuran dari pemerintah, karena ini kan untuk kita semua. Harapannya dengan penerapan ini bisa menghidupkan lagi pariwisata di Kota Yogyakarta, dan pengayuhย becakย bisa mencari rezeki kembali,”tambahnya.ย 

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com