JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Catat! Ini Protokol Kesehatan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19 dari Kemenag

Pengecekan hewan kurban. Foto: Joglosemarnews/Wardoyo

JOGLOSEMARNEWS.COM Kementerian Agama telah menerbitkan panduan protokol kesehatan selama penyelenggaraan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa pandemi virus Corona.

“Panduan tersebut terbit dalam bentuk Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Menteri Agama Fachrul Razi,” ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, dalam siaran pers seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga :  Kisah-Kisah Unik Vaksinasi Door to Door di Singopadu Sragen. Awalnya Takut-Takut Lalu Joget-Joget Sampai Kakek-Kakek Diwejang Bu Bidan Gegara Tiap Hari Hobi Minum Obat

Diharapkan surat edaran tersebut bisa menjadi petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan adaptasi kebiasaan baru.

“Dengan begitu, pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan optimal serta terjaga dari penularan Covid-19,” lanjut Zainut.

Advertisement
Baca Juga :  Lewat Upacara You Yaihoro Ganjar Diangkat Jadi Kesatria Suku Tobelo

Protokol kesehatan saat penyembelihan hewan kurban, sesuai surat edaran dari Kemenang, terdiri dari penerapan jaga jarak fisik, kebersihan personal panitia, dan kebersihan peralatan.

Yang harus diperhatikan dalam penerapan jaga jarak fisik yakni meliputi:

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua