JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dapat Majikan Kejam di Arab, Surani TKW Asal Sragen Mengaku Hanya Digaji 1.000 Riyal Perbulan Sampai 18 Tahun Tak Bisa Pulang. Segini Kalau Dirupiahkan!

Purwanto, adik kandung Surani, TKW asal Mojorejo, saat menunjukkan kondisi kakaknya yang terbaring sakit karena sering disiksa dan disekap majikannya di Arab Saudi. Foto/Wardoyo
Purwanto, adik kandung Surani, TKW asal Mojorejo, saat menunjukkan kondisi kakaknya yang terbaring sakit karena sering disiksa dan disekap majikannya di Arab Saudi. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kisah penderitaan Surani (45) TKW asal Dukuh Ngembat RT 21/10, Desa Mojorejo, Karangmalang, Sragen yang menjadi korban kekejaman majikan, terus menguak fakta memprihatinkan.

Selain 18 tahun tak bisa pulang, wanita yang menjadi TKW pembantu rumah tangga itu ternyata juga mendapat bayaran ditengarai jauh di bawah standar.

“Dia nggak pernah bilang gajinya berapa. Cuma pas empat tahun terakhir ketika bekerja di anak majikannya ini, dia ngaku sempat bilang ke keluarga kalau hanya digaji 1.000 riyal. Dengan bilang hanya digaji 1.000 riyal, berarti kalau normal standar gaji di sana mesti jauh di atas itu,” ujar Kades Mojorejo, Suharno kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , saat menyambangi keluarga Surani, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga :  Breaking News: Nenek 80 Tahun di Sidoharjo Sragen Tewas Kesetrum Jebakan Tikus di Sawah Bengkok

Sementara jika melihat kurs mata uang asing, satu riyal Arab Saudi bernilai sekitar Rp 3.700 sampai Rp 3.800. Dengan gaji hanya 1.000 riyal, maka gaji Surani selama bekerja di majikan yang kejam itu hanya sekitar Rp 3,7 juta perbulan.

Baca Juga :  Siang Patroli Sambil Jalan, Malamnya Malah Jadi Maling. Ini Penampakannya Saat Dikeler ke Polres Sragen

Adik kandung Surani, Purwanto (41) menuturkan keluarga tak pernah menanyakan dan tahu berapa gaji Surani perbulan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua