JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hadapi Pilkada 2020, Demokrat Gandeng PAN

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri Kongres V Partai Demokrat, di JCC, Senayan, Minggu (15/3/2020). Ia disebut telah mengantongi 90 persen suara untuk menjadi Ketua Umum partai berlogo bintang mercy ini / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Partai Demokrat menggalang kerja sama dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pilkada 2020 mendatang.

Terkait dengan hal itu Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di kantor DPP PAN.

“Dalam konteks Pilkada yang kita gelar di 270 kabupaten/kota termasuk provinsi, di Desember 2020 ini tentu banyak kebersamaan antara PAN dan Demokrat,” kata pria yang akrab disapa AHY itu di Kantor DPP PAN, Jalan Daksa I, Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Meski tidak mengungkapkan berapa banyak koalisi antara Partai Demokrat dan PAN dalam Pilkada 2020, AHY mengatakan kerja sama kedua partai terjalin di daerah-daerah yang kesempatan menangnya tinggi.

Baca Juga :  Nama Jaksa Agung dan Mantan Ketua MA Hatta Ali Muncul dalam Dakwaan Jaksa Pinangki

“Ada yang kami lihat sebagai daerah yang memiliki signifikansi yang tinggi, yang potensial,” ucap Agus.

AHY mengatakan kerja sama antara Partai Demokrat dan PAN sudah lama terjalin. Ia pun berharap hubungan baik ini terus terjaga.

“Selebihnya kami ingin melakukan silaturahmi seperti ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Zulkifli mengatakan silaturahmi Agus Harimurti Yudhoyono ini bagian dari komunikasi antarpimpinan partai politik dalam meneguhkan kehadiran partai sebagai faktor integrator bangsa dan negara.

Baca Juga :  Segera Daftar, Program Kartu Prakerja Gelombang 10 Resmi Dibuka. Ingat Ini Gelombang Terakhir, Waktu Pendaftaran Cuma 3 Hari

“Di samping itu, ini adalah bagian dari komitmen untuk membangun demokrasi yang berkualitas di Indonesia,” katanya.

Menurut Zulkifli, selain Pilkada 2020 pertemuan ini turut membahas penanganan Covid-19.

“Mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk partai politik, untuk bersama-sama dengan pemerintah berjuang memerangi pandemi Covid-19,” ucap dia.

Sementara terkait Pilkada 2020, kata Zulkifli, kedua partai akan bekerja sama sesuai dengan perkembangan politik daerah.

“Tujuannya agar muncul pemimpinan daerah yang memiliki integritas, amanah, jujur, dan berjuang untuk kepentingan rakyat,” tuturnya.

www.tempo.co