JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Idul Adha Tahun Ini Presiden Jokowi Kurban 10 Sapi Jumbo, Tersebar di Sejumlah Wilayah

Ilustrasi sapi. Foto: Pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam perayaan hari raya Idul Adha, Presiden Joko Widodo selalu mengurbankan sejumlah hewan ke berbagai wilayah di Tanah Air.

Tahun ini, setidaknya ada 10 ekor sapi dari berbagai jenis yang telah dibeli Jokowi untuk Idul Adha 1441 Hijriah.

Berikut ini sejumlah wilayah yang beruntung mendapat sapi kurban yang telah disiapkan Presiden Jokowi untuk Idul Adha tahun ini:

1. Kota Solo
Di kota kelahirannya, Jokowi tahun ini menyembelih dua ekor sapi jenis limosin.

Seekor sapi dengan bobot sekitar 1,03 ton dibeli dari peternak di Desa Glondongan, Kelurahan Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Sapi berusia 4 tahun 3 bulan itu rencananya akan disembelih di Masjid Agung Solo.

Sementara seekor sapi limosin lainnya, dengan bobot 930 kilogram, dibeli dari peternak di Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

Sapi berusia tiga tahun itu rencananya bakal disembelih di Masjid Al-Wustho, Solo, pada Jumat, 31 Juli 2020.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Wali Kota Solo, Ahmad Purnomo, serta Sekretaris Daerah Ahyani menerima langsung secara simbolis penyerahan dua ekor sapi dari Presiden Jokowi melalui Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat, Kamis (23/7/2020). Foto: Istimewa

2. Daerah Istimewa Yogyakarta
Presiden Jokowi dilaporkan juga telah menyiapkan satu ekor sapi jenis simmental dengan berat 1 ton untuk disembelih di Yogyakarta.

Sapi yang diberi nama Gombloh itu dibeli dari peternak asal Sedayu, Bantul. Nantinya sapi kurban itu akan disembelih di Gedung Agung, Istana Yogyakarta.

Baca Juga :  Menyusul Ketuanya, Anggota KPU Ini Menyatakan Dirinya Positif Covid-19

3. Kota Surabaya
Satu ekor sapi kurban juga disiapkan Presiden Jokowi untuk Kota Surabaya. Sapi itu jenis ongole dengan bobot 1,04 ton dan berusia 4 tahun.

Sapi itu dibeli dari Muhammad Sholeh (57), peternak asal Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik.

Sapi dengan tinggi 159 cm, panjang 186 cm, serta lingkar dada 234 cm itu akan disembelih di Masjid Agung Al-Akbar, Surabaya.

4. Kabupaten Bintan
Presiden Jokowi disebut juga menyiapkan seekor sapi jenis campuran limosin dan simmental berusia lima tahun di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Sapi tersebut diberi nama Gundul.

5. Provinsi Jambi
Seekor sapi jenis simmental dengan bobot lebih dari 1 ton juga telah disiapkan untuk kurban Presiden Jokowi di Provinsi Jambi. Sapi tersebut dipesan dan didatangkan langsung dari Lampung.

6. Kota Banjarmasin
Presiden Jokowi juga dilaporkan membeli seekor sapi untuk dikurbankan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada tahun ini.
Sapi jenis limosin dengan bobot 1 ton tersebut dibeli dari peternakan di Kelurahan Landasan Ulin Utara Liang Anggang, Banjarbaru. Sapi itu akan disembelih di masjid di Banjarmasin.

Baca Juga :  Polisi Ungkap Ada Dugaan Tindak Pidana dalam Insiden Kebakaran di Kejakgung, Sebut Asal Api Bukan Akibat Korsleting

7 Kota Palangka Raya
Seekor sapi jenis limosin dengan bobot 1,3 ton disiapkan Presiden Jokowi untuk kurban di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
Sapi tersebut dibeli dengan harga Rp75 juta dari peternak sapi di Palangka Raya yang berada di kawasan Jalan Mahir Mahar.
Rencananya hewan kurban itu akan diserahkan ke Masjid Aqidah Palangka Raya.

8. Provinsi Sulawesi Barat
Idul Adha tahun ini Presiden Jokowi kembali berkurban di Sulawesi Barat. Seekor sapi jenis simmental dengan bobot 1,2 ton pun sudah disiapkan.

Sapi berumur 4 tahun 4 bulan itu dibeli dari Rahman Takka, peternak di Rea Barat, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, Polewali Mandar.

Disebutkan jika sapi dengan lingkar badan 234 cm, tinggi 168 cm, dan panjang 186 cm itu dibeli dengan harga Rp100 juta.

9. Provinsi Sulawesi Tengah
Presiden Jokowi dikabarkan juga telah membeli seekor sapi seharga Rp60 juta untuk kurban di Sulawesi Tengah.
Sapi jenis brahman seberat 1 ton itu dibeli dari Paijan (47), warga Desa Karya Mukti, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, dan diberi nama Roy.