JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Pengumuman Kasus Covid-19 Versi Baru Ala Wiku

Ilustrasi virus corona. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berita “kematian” yang ajek dibacakan oleh juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19, Achmad Yurianto telah berakhir setelah 140 hari masa tugasnya.
Ia kini digantikan oleh Wiku Adisasmito.

Wiku ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Jubir Satgas Penanganan Covid-19.

Ada pola komunikasi yang berbeda antara Wiku dan Yuri. Saat tampil perdana kemarin, Wiku tidak memaparkan update kasus harian Covid-19.

“Update kasus harian dapat langsung dilihat di portal www.covid19.go.id,” ujar Wiku via telekonferensi dari Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Sementara Yuri, selama bertugas, setiap hari menyampaikan update kasus harian Covid-19. Mulai dari penambahan kasus positif, jumlah pasien sembuh, hingga jumlah pasien meninggal. Tak ayal, julukan pembawa berita kematian lekat padanya.

Lalu, informasi apa yang disampaikan Wiku sebagai jubir?

Kemarin, Wiku memaparkan analisis data mingguan per 19 Juli 2020. Dia mengumumkan peta zona risiko sebagaimana yang selalu diumukannya setiap Selasa di Kantor Presiden, saat menjabat Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Dalam seminggu terakhir, kata Wiku, ada 35 kab/kota dengan risiko tinggi, 169 kab/kota dengan risiko sedang, 210 kab/kota dengan risiko rendah, dan 52 kab/kota tidak ada penambahan kasus baru serta 48 kab/kota yang tidak terdampak Covid-19.

“Kalau kita lihat kondisi saat ini, terlihat bahwa daerah dengan risiko tinggi dalam delapan minggu terakhir terlihat jumlahnya menurun dan berubah menjadi zona risiko sedang, rendah, dan tidak terdampak. Jadi kalau kita lihat di sini, Indonesia telah mampu menekan beberapa kasus sehingga terjadi perbaikan zonasi. Namun ada beberapa daerah yang kasusnya masih tinggi. Ini perlu perhatian ketat,” ujar Wiku.

Saat ini, kata Wiku, pemerintah lebih memfokuskan diri pada penanganan Covid-19 di delapan provinsi, yaitu: Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

“Kami berharap provinsi yang masih menjadi prioritas dan daerah dengan zonasi risiko tinggi dan sedang untuk sungguh-sungguh menggalakkan promosi protokol kesehatan,” kata Wiku.

Menilik laman www.covid19.go.id, per 21 Juli, kasus baru positif Covid-19 bertambah sebanyak 1.655 orang, sehingga total kasus menjadi 89.869 pasien. Sedangkan pasien yang dilaporkan sembuh bertambah 1.489, sehingga total menjadi 48.466 pasien sembuh. Sedangkan kasus meninggal bertambah 81 orang, total 4.320 kasus.

Jika dilihat lebih rinci, maka sebaran penambahan kasus baru tersebut paling tinggi adalah DKI Jakarta, yaitu 433 kasus dan sembuh 266 pasien. Namun secara nasional, Jawa Timur menjadi provinsi dengan kasus terbanyak, melampaui DKI. Posisi kedua yang menyumbang kasus baru Covid-19 terbanyak adalah Jawa Timur, yaitu sebanyak 283 orang dan sembuh 348 pasien.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com