JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

KKN Unisri Gelar Sosialisasi Pengamalan Pancasila untuk Anak-anak di Ngawi

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

NGAWI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam pergaulan di tengah masyarakat mulai nampak luntur.

Khususnya di kalangan anak, remaja dan generasi muda banyak yang tidak tahu dan tidak mengamalkan kelima sila dari Pancasila.

Melihat keprihatinan tersebut, salah satu peserta KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta dari Fakultas Hukum yang tergabung pada grup 08, Deni Ayu Murbaningsih, di bawah bimbingan DPL, Drs. Suharno, MM, Ak melaksanakan sosialisasi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan dilaksanakan di tempat domisilinya di Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Ngawi, Kamis ( 30/7/2020) bertempat di salah satu rumah warga.

Baca Juga :  SMPN 8 Surakarta Dipantau Relawan Covid-19

Sosialisasi diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, dihadiri oleh anak-anak desa setempat dan ibu-ibu sebagai pendampingnya.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila untuk anak usia dini sangat baik sekali, karena kelima nilai luhur Pancasila bisa tertanam secara mendalam,” ungkapnya, saat menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi.

Lebih lanjut, Deni Ayu Murbaningsih, memaparkan bahwa salah satu tujuan dari pengamalan Pancasila adalah memberikan edukasi dini kepada anak-anak dalam bersikap dan bertingkah laku yang baik sesuai nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga :  Lewat Apikasi Aku Pintar Guru (APG), Guru BK Mudah Pahami Minat dan Bakat Siswa

“Untuk para ibu pendamping kami mohon bisa memberikan arahan agar anak-anak bisa melakukan kegiatan sesuai sila-sila yang terdapat dalam Pancasila. Sehingga Pancasila tidak sekedar diucapkan dan dihafal, namun benar-benar diimplementasikan dalam keseharian,” harapnya.

“Generasi maju yang berjiwa Pancasila harus dipersiapkan sejak usia dini, ” tandasnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Sosialisasi berlangsung interaktif dan komunikatif disertai dengan tanya jawab. Peserta menyambut gembira dan mengucapkan terimakasih atas inisiatif Unisri menyelenggarakan KKN di wilayahnya. suhamdani