JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN UNS Mengedukasi Masyarakat Seputar Bahaya Covid-19

Dok Pribadi

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah masa pandemi  Covid-19, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tetap mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Selaras dengan masa pandemi, maka program ini disebut juga dengan nama KKN Covid-19, sebagai KKN alternatif untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Maya Novita Sari  mengatakan, program itu tetap dilaksanakan agar KKN tetap berjalan sesuai jadwal, Juli-Agustus.

“Tetap dilakukan, karena pandemi Covid-19 tidak tahu kapan akan berakhir,” jelasnya, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirim ke Joglosemarnews.

Diketahui, KKN yang diselenggarakan UNS itu dilaksanakan oleh semua mahasiswa dari tanggal 1 Mei- 19 Juli dengan jangka waktu antara antara 32-45 hari kegiatan.

Baca Juga :  Nayla Rebut Juara Pertama Lomba Tiktok Unisri

“Program KKN ini bertema supporting pemahaman masyarakat tentang Covid-19. Harapannya agar dapat membantu pemerintah desa dalam memberikan edukasi lebih mendalam tentang informasi-informasi terkait kasus Covid-19,” ucap mahasiswa yang KKN di Dusun Nyaen,Trobayan, Kalijambe, Sragen itu.

Maya mengatakan, edukasi yang dilakukan berkisar informasi terkait dengan Covid-19. Mulai dari cara pencegahan, proses penularan dan juga cara menjaga kebersihan agar terhindar dari virus.

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar

Edukasi dilakukan melalui dua  cara, yaitu secara langsung dan secara online. Edukasi online dilakukan melalui  forum whatsApp group dan Instagram.

Selain itu, edukasi secara langsung dilakukan dengan cara memberikan dan menempelkan selebaran terkait Covid-19.

“Sekarang sudah banyak masyarakat yang menyadari akan bahaya dari virus tersebut dan mulai menerapkan pola hidup sehat. Banyak juga yang mengikuti protokol kesehatan seperti anjuran pemerintah,” ujar Maya, Senin  (22/6/2020). suhamdani