JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Mendag Pastikan Pasar Siap Hadapi New Normal

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto melakukan pengecekan kesiapan new normal di Pasar Boyolali, Rabu (1/7/2020). Foto: JSNews/Prihatsari
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto melakukan pengecekan kesiapan new normal di Pasar Boyolali, Rabu (1/7/2020). Kedatangan singkat rombongan Mendag di Pasar Boyolali Kota tersebut menyempatkan diri untuk melakukan cek harga kebutuhan pangan juga.

“Pasar tradisional merupakan salah satu pemegang peran utama dalam roda perekonomian kita dan harus dipastikan geliat ekonominya telah pulih di saat new normal seperti sekarang ini,” ujarnya.

Agus mengingatkan, pemerintah daerah harus memastikan penerapan protokol kesehatan dijalankan di pasar tradisional demi menjamin keselamatan penjual dan pembeli.

“Awalnya memang ada penurunan penjualan karena COVID-19. Saya lihat optimistis mulai titik balik ada perbaikan (aktivitas ekonomi). Kedepan pasar tradisional sudah aktif berjualan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Agus memastikan harga kebutuhan pangan relatif normal saat ini. Mulai dari harga gula, bawang merah, bawang putih, cabai dan telur masih cukup stabil.

“Dari sini saya mengapresiasi Bupati Boyoli (Seno Samodro) dalam menjalankan protokol kesehatan pasar tradisional di Boyolali sangat baik. Yang pasti protokol kesehatan merupakan kunci dalam melaksanakan kegiatan aktivitas perdagangan dan aktivitas sosial. Kemudian antisipasi apabila ada klaster yang terkena positif, pasar tradisional ditutup dan melakukan sterilisasi,” tukasnya.

“Rapid test diperlukan untuk membuka kembali pasar. Itu untuk pastikan semua pedagang tetap sehat,” tutur dia.

Sementara itu, Bupati Boyolali, Seno Samodro berharap wabah Corona segera hilang dan perekonomian warga bisa kembali seperti semula. Prihatsari