JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Siapkan Bilik Kunjungan, Rutan Solo Tunggu SE Terbaru

Bilik Kunjungan Rutan Solo. Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rutan Kelas 1A Solo menyiapkan 21 bilik kunjungan. Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Andi Rahmanto menjelaskan, bilik tersebut dibuat oleh warga binaan.

Dari pantauan Joglosemar, bilik didirikan di aula rutan dengan sekat mika bening sebagai pemisah antara bagian diepan dan belakang. Sehingga pengunjung dan narapidana bisa bertatap muka meski dibatasi mika.

“Jadi nanti pengunjung sudah bisa bertemu dan menemui langsung narapidana. Selama pandemi Covid-19 kan hanya video call saja,” kata Andi, Jumat (17/07/20).

Namun sampai saat ini pihaknya masih menunggu surat edaran terbaru dari Dirjen Permasyarakatan terkiat kunjungan dalam kondisi new normal. Andi juga menegaskan kemungkinan nanti hanya keluarga inti yang diperbolehkan berkunjung.

Baca Juga :  Rekontruksi Penyerangan Mertodranan Solo, Tersangka Jalani 77 Adegan, Ternyata Provokasi Berawal dari Grup WA

“Kami masih menunggu surat dan pentunjuk resmi dari pusat. Namun setidaknya jika nanti sudah ada lampu hijau soal kunjungan, kami sudah siap,” paparnya.

Andi mengatakan, setelah dipasangnya bilik ini, kapasitas aula menurun drastis. Dimana sebelum pandemi, jumlah pengunjung yang bisa ditampung bisa mancapai 100 orang.

“Ya nanti tinggal kita atur saja, mungkin jam jenguknya yang dipersingkat setiap orangnya atau pengunjungnya yang kita batasi. Maksimal dua orang atau syukur satu orang saja dari keluarga inti dengan waktu maksimal 20 menit,” ujarnya.

Baca Juga :  Pengamat Hukum: Pilkada Solo Antiklimaks, Sudah Selesai. Tidak Ada Etika Berpolitik

Dalam kondisi normal, aula yang kerap digunakan sebagai tempat kunjungan tersebut dapat menampung sekitar 100 orang. Anggota keluarga dapat melakukan kunjungan setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat mulai pukul 09.00 hingga12.00.

“Setidaknya dengan penyediaan bilik kunjungan dapat mengobati kerinduan para warga binaan yang tidak bertemu anggota keluarga sudah hampir 4,5 bulan,” ungkap Andi. Prabowo