JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Sadar Separuh Gamisnya Masuk di Gir Motor, Tubuh Mbah Poni asal Gawan Sragen Langsung Terbanting Jatuh dari Motor Lalu Nyungsep ke Saluran

Ilustrasi kecelakaan
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi kecelakaan

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bagi emak-emak yang suka berpakaian panjang sampai ke bawah, kewaspadaan saat membonceng sepeda motor hendaknya harus dikedepankan.

Sebab jika lalai, kain rok, kebaya atau bawahan yang panjang menjuntai ke bawah bisa memicu petaka ketika tersangkut di gir atau roda motor.

Seperti insiden tragis yang dialami Poni (60) nenek asal Dukuh Ngamban RT 7, Desa Gawan, Kecamatan Tanon, Sragen ini.

Dia harus jungkir balik akibat kecelakaan saat membonceng sepeda motor cucunya, Jumat (3/7/2020) siang. Kecelakaan dipicu karena kain gamis yang dikenakannya menjuntai dan kemudian tersangkut di gir sepeda motor.

Data yang dihimpun di lapangan, kecelakaan tragis itu terjadi di jalan raya Gawan-Suwatu tepatnya di jalan tengah sawah Dukuh Ngipang, Gawan.

Menurut saksi mata, kecelakaan terjadi pukul 14.00 WIB. Kejadian bermula ketika korban berniat menjenguk anaknya di Desa Kecik, Tanon.

Korban membonceng sepeda motor Yamaha Vega warga merah diantar oleh cucunya, Endra (17). Saat itu, korban mengenakan pakaian gamis panjang dan mengenakan jilbab.

Baca Juga :  Awas, Pencurian Pompa Diesel dan Sibel di Persawahan Tanon Sragen Kembali Merajalela. Pelaku Nekat Beraksi Siang Bolong Hingga Menjelang Pagi, Yang Disasar Dekat Jalan!

Korban yang membonceng menyamping, tak sadar jika gamisnya yang panjang dan berbahan halus itu menjuntai hingga ke dekat rantai motor bagian belakang.

Sepanjang perjalanan, gamis korban juga mengelebat sehingga tanpa sadar kemudian masuk ke dalam gir roda saat motor melaju.

Seketika kain menyangkut gir, tubuh Mbah Poni langsung terpelanting jatuh dari motor. Beruntung, tubuhnya terbanting ke kiri bukan ke badan jalan.

Tubuh nenek malang itu terpental dari motor dan masuk ke saluran sedalam 1 meter di dekat persawahan.

Cucu korban yang ada di motor kaget saat motor kemudian berhenti berputar karena rodanya penuh oleh kain gamis korban.

“Nenek yang mbonceng itu gamisnya panjang dan bagian bawah nggak sadar nyangkut ke gir pas motor melaju.Kebetulan saya pas ada di belakangnya agak jauh. Lalu saya lihat pas gamisnya masuk ke gir, tubuh korban terbanting melesat ke saluran di kiri jalan. Hampir separuh gamis bagian bawah masuk ke gir. Beruntung hanya luka saja. Warga langsung berdatangan membantu,” papar Alex Sarno (42) warga Ngemplak, Sidoharjo yang menolong korban saat kejadian.

Baca Juga :  Diiringi Isak Tangis, Petani Yang Tewas Kesetrum Jebakan Tikus di Duyungan Sragen Akhirnya Dimakamkan. Almarhum Tinggalkan Tiga Anak

Cucu korban selamat dan motor hanya mandeg tak bisa jalan. Sarno menuturkan untuk melepaskan gir dari kain gamis yang membelit, butuh waktu hampir setengah jam.

Sementara kondisi nenek malang itu ditemukan mengalami luka dan belepotan lumpur karena terjerembab ke dalam saluran berlumpur.

Nenek itu lantas dibawa ke pengobatan setempat untuk rawat jalan. Ketua RT 7 Desa Gawan, Sutarno memastikan korban selamat dan hanya mengalami luka ringan.

“Alhamdulillah, sudah membaik. Kemarin hanya rawat jalan dan sudah dapat pengobatan. Korban sudah berada di rumah,” tuturnya. Wardoyo