JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Warga yang Hidup Tak Menetap di Tengger Golo Kecamatan Puhpelem Wonogiri Dibangunkan Rumah Oleh Relawan TNI Polri dan Masyarakat

Kerja bakti pembangunan rumah warga di Golo Tengger Kecamatan Puhpelem Wonogiri. Dok. Kodim 0728
Kerja bakti pembangunan rumah warga di Golo Tengger Kecamatan Puhpelem Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sugiyem (54) warga Dusun Tengger RT 1 RW 5, Desa Golo, Kecamatan Puhpelem, Wonogiri kesehariannya hidup berpindah-pindah karena tidak mempunyai rumah yang tetap. Hal ini membuat warga sekitar bersama anggota Koramil 24/Puhpelem kepolisian dan relawan terketuk hatinya untuk membuatkan rumah.

Sebelumnya masyarakat melaksanakan musyawarah. Dari rembugan ini dihasilkan kesepakatan warga dengan perangkat desa untuk membuatkan rumah di tanah kas desa dengan ukuran 4X6 meter.

Anggota Koramil 24/Puhpelem dipimpin Batuud Pelda Bambang dan Babinsa Desa Golo Serda Parjito, bergotong-royong dengan warga sekitar dan para relawan dan perangkat dalam membantu pembangunan rumah Sugiyem tersebut, Senin (27/7/2020).

Baca Juga :  Catat Ya, Dana Kampanye Pilkada Wonogiri 2020 Dibatasi 40 M, Sumbangan Dari Badan Usaha dan Perorangan Juga Dibatasi, Terus Berapa Saldo Awal Dana Kampanye Josss dan Harjo?

Pelda Bambang menjelaskan, mbah Sugiyem sebelumnya hidup dengan menumpang ke tetangga sekitar dan terakhir tinggal di lumbung desa. Melihat kondisi tersebut, warga dan perangkat desa bersepakat untuk membangunkan rumah yang layak di area tanah kas desa yang lokasinya di samping PAUD Sakura 1 Tengger.

Anggaran pembangunan rumah berasal dari donatur dan para relawan. Di antaranya Laskar pelangi, Pasepuh, Sahabat Peduli Sesama, Banser, PSHT dan masyarakat sekitar. Pengerjaan rumah dilakukan secara bergotong royong oleh anggota Koramil 24/Puhpelem, Polsek Puhpelem, Perangkat Desa, Laskar pelangi, Pasepuh, Sahabat peduli sesama, Banser, PSHT, dan masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Wonogiri Akhirnya Batal Digelar, ini Penyebabnya

Danramil 24/Puhpelem Kapten Inf Tono di tempat terpisah menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai implementasi dari pembinaan teritorial. Dengan bergotong-royong, selain menambah erat tali persaudaraan antara warga setempat juga akan meringankan beban Sugiyem.

“Semoga dengan pembuatan rumah ini nantinya, Sugiyem bisa hidup tentram tanpa harus berpindah-pindah tempat,” kata dia. Aria