JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Angkat Tema Akhlaqul Karimah, Taufik Kasturi Dikukuhkan Sebagai Gubes UMS

Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto : dok UMS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali akan mengukuhkan guru besar (gubes) secara daring, Kamis (13/8/2020). Pengukuhan gubes kali ini merupakan yang ke 30 untuk Gubes UMS.

Kali ini, Prof Taufik Kasturi akan dikukuhkan sebagai gubes pertama Psikologi UMS. Dalam pidato pengukuhannya, Prof Taufik akan membawakan konsep Akhlaqul Karimah dalam pidato ilmiahnya.

“Saya sengaja mengangkat tema ini karena saya nilai urgent diangkat di era sekarang ini. Harapan saya bisa mengangkatnya menjadi text book sehingga bisa membahasnya secara detil,” urainya, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga :  UNS Terima 148 Mahasiswa Program Permata Sakti

Selain sebagai gubes pertama bidang Psikologi, Prof Taufik juga merupakan alumni dan pengkaderan UMS. Dalam pidato ilmiahnya, dia angkat membawakan judul “Psikologi Akhlaqul Karimah untuk meningkatkan diri dan masyarakat”.

Menurut Prof Taufik, diibaratkan sebagai pohon yang memiliki tiga bagian, yaitu akar sebagai aqidah, batangnya adalah syariah, daun atau buahnya adalah akhlaqul karimah.

Baca Juga :  Uniba Solo Gelar Wisuda Sarjana Angkatan 47 Dengan Protokol Kesehatan Ketat

“Baik buruk suatu buah tergantung dari batang dan akarnya. Baik buruknya Akhlaq tergantung dari Aqidah dan syariatnya. Secara fundamental akhlaq dan moralitas berbeda. Moralitas didasari dari riset para tokoh semata, sedangkan akhlaq didasari ilmu agama,” tukasnya. Prihatsari