JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Wonogiri 2020

Rakor persiapan Pilkada Wonogiri 2020. Dok. Kodim 0728
Rakor persiapan Pilkada Wonogiri 2020. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Semua pihak yang terkait pelaksanaan Pilkada Wonogiri 2020 melaksanakan rapat kordinasi pemenuhan syarat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri.

Asisten Sekda Wonogiri Teguh Setiyono memberikan apresiasi serta dukungan penuh kepada KPU dan Bawaslu dalam rangka menyelenggarakan hajatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri tahun 2020. Secara umum pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan kali ini lain dari tahun-tahun sebelumnya.

“Karena di tengah pandemi COVID-19, untuk itu beberapa kegiatan akan menyesuaikan dengan situasi sekarang,” jelas dia, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga :  Ini Dugaan Penyebab Menurunnya Partisipasi Pemilih Dalam Pilkada, Gegara Penggabungan TPS Hingga Jarak Semakin Jauh Dikhawatirkan Pemilih Malas Datang

Beberapa waktu yang lalu, jelas dia, KPU bersama Bawaslu dengan pemerintah daerah dan dinas kesehatan telah menandatangani kesepakatan dalam rangka menyikapi pandemi COVID-19. Terkait dengan anggaran sudah dialokasikan dari APBD Kabupaten Wonogiri baik 2019 maupun 2020.

“Di tengah pandemi, KPU harus bekerjasama dengan semua kekuatan yang ada sampai dilini bawah, yakni Kepala Desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas,“ tutur dia.

Sementara, Dandim beserta Kapolres menyatakan kesiapan TNI-Polri dalam mengawal dan mengamankan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020. Dandim menambahkan, semua pihak bersama-sama bersinergi membangun kondisifitas di dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Baca Juga :  Paslon Josss dan Harjo Diminta Bikin Satgas COVID-19, Salah Satunya Untuk Memastikan Pelaksanaan Kampanye Sesuai Prokes, Supaya Terhindar Dari Permasalahan Batasan Massa Kampanye

“Kami TNI tidak melaksanakan politik praktis, kami akan selalu berupaya untuk menekankan kepada satuan kami dibawah sampai dengan prajurit untuk selalu netral, kami siap berkordinasi dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian dan instansi terkait, guna menjaga kondisifitas pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri,“ pungkas dia. Aria