JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Cianjur Hingga Jakarta Diguncang Gempa,Ini Penjelasan BMKG

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wilayah Cianjur, Bogor, Depok dan sebagian wilayah Jakarta diguncang gempa bumi berkekuatan 3,5 Magnitudo pada Minggu (9/8/2020) pukul 18.52 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutnya sebagai kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

“Sumber gempa di darat berjarak sekitar 25 kilometer arah barat laut Kabupaten Cianjur,” katanya lewat keterangan tertulis Minggu malam.

Baca Juga :  Peringatan, Muncul Potensi Gempa Dahsyat dan Tsunami Setinggi 20 Meter di Selatan Pulau Jawa. BKMG Imbau Ini Yang Harus Dilakukan Masyarakat!

Dampak gempa berupa guncangan terasa dengan skala intensitas III MMI di Cianjur dan Bogor. Getaran dengan skala ini untuk melukiskan getaran gempa yang terasa warga di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Sementara di wilayah Depok dan Jakarta berskala intensitas II MMI atau lebih lemah, setara getaran yang membuat benda ringan yang digantung bergoyang.

Pusat sumber gempa berada pada koordinat 6.63 LS dan 107.02 BT dengan kedalaman sumber 10 kilometer. Menurut Daryono, BMKG sementara ini menyatakan penyebab gempa akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. BMKG, kata dia lagi, masih menganalisis sesar itu.

Baca Juga :  Gadis Belia di Palembang ini Dituding Jadi Pelakor, Dikeroyok 4 Orang hingga Disilet

Hasil pemantauan BMKG hingga pukul 19.20 WIB muncul gempa susulan sekali. Namun belum diketahui besaran kekuatannya dan apakah terasa oleh warga.

www.tempo.co