JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Cianjur Hingga Jakarta Diguncang Gempa,Ini Penjelasan BMKG

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wilayah Cianjur, Bogor, Depok dan sebagian wilayah Jakarta diguncang gempa bumi berkekuatan 3,5 Magnitudo pada Minggu (9/8/2020) pukul 18.52 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutnya sebagai kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

“Sumber gempa di darat berjarak sekitar 25 kilometer arah barat laut Kabupaten Cianjur,” katanya lewat keterangan tertulis Minggu malam.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Dampak gempa berupa guncangan terasa dengan skala intensitas III MMI di Cianjur dan Bogor. Getaran dengan skala ini untuk melukiskan getaran gempa yang terasa warga di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Sementara di wilayah Depok dan Jakarta berskala intensitas II MMI atau lebih lemah, setara getaran yang membuat benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Pusat sumber gempa berada pada koordinat 6.63 LS dan 107.02 BT dengan kedalaman sumber 10 kilometer. Menurut Daryono, BMKG sementara ini menyatakan penyebab gempa akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. BMKG, kata dia lagi, masih menganalisis sesar itu.

Hasil pemantauan BMKG hingga pukul 19.20 WIB muncul gempa susulan sekali. Namun belum diketahui besaran kekuatannya dan apakah terasa oleh warga.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com