JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Guntur Soekarno dan Mutia Hatta Orang Pertama yang Menerima Uang Baru Pecahan Rp 75.000

Uang peringatan khusus pecahan Rp75.000 edisi HUT ke-75 RI. Foto: Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Uang baru yang dilaunching oleh Bank Indonesia (BI) dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75, secara simbolis diserahkan kepada Guntur Soekarnoputra dan Mutia Hatta.

Keduanya dipilih karena mewakili keluarga Proklamator, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta.

Uang tersebut diberikan secara virtual dalam acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) telah secara resmi meluncurkan uang baru edisi khusus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

“Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator Alm. Bapak Ir. Soekarno, kami menyerahkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, kepada keluarga Alm. Bapak Ir. Soekarno,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat menyerahkan uang baru secara virtual kepada Guntur, Senin (17/8/2020).

Baca Juga :  Nusron Wahid Beberkan Sejumlah Parpol di Luar 02 yang Potensial Bergabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Tak ketinggalan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan uang spesial ini merupakan salah satu koleksi edisi khusus yang menggambarkan identitas bangsa. Dia juga turut menyerahkan uang spesial tersebut kepada Mutia Hatta.

“Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator kita Drs. Mohammad Hatta, kami akan serahkan uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kepada keluarga Alm. Drs. Mohammad Hatta,” kata Sri Mulyani.

Baca Juga :  Denny Indrayana: MK Sulit Keluar dari Kerangkeng Putusan 90

Adapun, uang baru ini berjenis uang kertas dengan nominal pecahan Rp 75.000.
Uang ini memiliki 3 tema dan makna filosofi, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

“Sebagai wujud rasa syukur kita atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian-pencapaian selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia maka pengeluaran uang rupiah edisi khusus dalam peringatan 75 tahun kemerdekaan RI bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2020,” kata Sri Mulyani.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com