JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

IHGMA DPD Jawa Tengah dan YCAB Jalin Kerja Sama Asah Keterampilan Kaum Muda

SALATIGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IHGMI menjalin kerja sama dengan YCAB Foundation untuk membina keterampilan kaum muda agar kompetitif dan siap bersaing di lapangan kerja masa depan.

Kerja sama yang mengusung tema Future Skills – High Impact Project tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah MoU di Salatiga, Jumat (14/8/3030) dan Sabtu (15/8/2030).

“Project ini bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan teknis maupun non teknis kepada kaum muda melalui kemitraan dengan Lembaga Pelatihan, baik BLK maupun LPK di Jawa Tengah,” ujar Sobirin Jamil, selaku Program Manager YCAB Foundation, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Sementara itu, Sekjen IHGMA DPD Jawa Tengah, Ika Florentina menjelaskan
Dalam kerja sama tersebut, DPD IHGMA Jawa Tengah berkomitmen untuk memberikan pendampingan kepada BLK/LPK dan praktiksi di Jawa Tengah yang menjadi mitra YCAB Foundation.

Baca Juga :  Menguak Cerita di Balik Sendang Keramat Kalimah Toyyibah

Setidaknya, ada lima BLK yang saat ini menjadi fokus untuk pengembangan kaum muda, yaitu BLK kota Pekalongan, BLK Kabupaten Pekalongan, BLK Kabupaten Karanganyar, BLK Kabupaten Boyolali dan BLK Kabupaten Wonogiri.

Dikatakan Ika, dalam penandatanganan MoU itu, sekaligus dibahas mengenai rencana untuk membuat BLK unggulan, di mana diharapkan BLK unggulan tersebut memiliki kualitas pelatihan maupun instruktur yang bagus serta kurikulum yang tepat untuk mencetak tenaga kerja unggulan.

Selain itu juga memiliki branding yang bagus, jaringan yang luas, sehingga mempermudah penempatan kerja setelah peserta didik selesai mengikuti program di BLK tersebut.

“Beberapa program unggulan yang menjadi fokus dari YCAB Foundation salah satunya adalah perhotelan, dimana kami selaku pengurus dari IHGMA memiliki peran penting untuk memberikan pendampingan,” ujar Ika.

Baca Juga :  Bangun Mental Baja dalam Berbisnis, Ganjar Fokus Kembangkan UMKM di Jateng

Pendampingan tersebut dalam bentuk sinkronisasi kurikulum dan training of trainers dari instruktur di BLK/LPK serta mendampingi program promosi dan branding, sehingga BLK yang memiliki keterampilan di perhotelan akan menjadi BLK yang memiliki branding bagus dan out put bisa diserap langsung oleh lapangan kerja.

Dijelaskan, YCAB Foundation merupakan sebuah organisasi non profit yang berpusat di Jakarta. Yayasan tersebut fokus di bidang pengembangan anak muda.

YCAB Foundation percaya bahwa kemandirian ekonomi hanya dapat dibangun melalui pemberian akses edukasi dan ekonomi yang akan menciptakan kesejahteraan berkelanjutan. suhamdani