JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kebakaran di Kejaksaan Agung, Dugaan Amien Rais: Dibakar Orang Dalam atas Perintah MTC

tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Kebakaran yang melumat gedung Kejaksaan Agung RI pada Sabtu (22/8/2020) lalu, diduga sengaja sibakar oleh orang dalam atas perintah Mafia Taipan Cukong (MTC).

Tudingan itu dilancarkan oleh mantan Ketua MPR RI, Amien Rais.

“Saya khawatir yang membakar gedung Kejaksaan Agung kita itu, simbol keadilan itu, tentu orang dalam, lagi-lagi atas perintah dari MTC itu,” ujar Amien Rais dalam video yang dipostingnya di akun Instagramnya @amienraisofficial, seperti dikutip Tribunnews.com, Selasa (26/8/2020).

Dia menghargai keterangan pihak Kejaksaan Agung untuk tidak berspekulasi atas insiden kebakaran itu.

Namun ia mengaku hanya memiliki kehawatiran kebakaran di Kejaksaan Agung ini akan mengulang kisah kebakaran di gedung Bank Indonesia pada saat ramai skandal BLBI.

Baca Juga :  Viral Seorang Bocah Usia 8 Tahun Ditinggal di Pinggir Jalan dan Hanya Ditinggali Sepucuk Surat. Terungkap Orangtua Malu Karena Si Anak Sering Mencuri

“Saya ingin buat video singkat ini untuk membuat catatan kecil tentang peristiwa akhir-akhir ini, yaitu terutama kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang begitu dahsyat. Itu mengingatkan kebakaran yang terjadi di gedung BI, bank central Indonesia, Bank Indonesia lantai 6 kalau tidak salah, di mana disimpan seluruh berkas-berkas tentang skandal BLBI. Kemudian hilang. Dan setelah itu ada mengatakan, demi hukum BLBI sudah selesai,” jelasnya.

Karena itulah, Amien Rais memiliki kekhawatiran, bukan spekulasi, pada insiden kebakaran di gedung Kejaksaan Agung.

“Saya menghargai bapak juru bicara Kejaksaan Agung, agar kita jangan spekulasi. Tetapi di dalam alam demokrasi, kita bisa mengingatkan ini bukan spekulasi, tetapi kekhawatiran,” ucapnya.

“Jangan-jangan nanti terbuka lagi, berkas Djoko Tjandra nanti hilang walau dijamin Mahfud (Menkopolhukam, Mahfud MD-red) tidak akan hilang. Tetapi itu jaminan yang belum jelas ya. Dia kan khas seperti itu omongannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Bamsoet Sebut 6 Hambatan Mengadang Jika Pilkada Digelar di Tengah Pandemi

Atas hal itu, dia meminta agar kepolisian segera mengusut tuntas penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung.

Wakil Jaksa Agung Minta Semua Pihak Tunggu Penyelidikan Polri

Wakil Jaksa Agung Setia Untung meminta Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk tidak berspekulasi terkait dugaan penyebab kebakaran di Gedung Utama Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Sabtu (22/8/2020) malam.

ICW, kata Untung, diminta bersabar menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan polri. Sebelum itu, ia meminta seluruh pihak menjauhi persepsi terkait adanya oknum yang sengaja membakar gedung tersebut.

www.tribunnews.com