JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terlanjur Dandan Necis, Belasan Emak-Emak di Karanganyar Dihukum Hafalkan Pancasila dan Nyanyi Indonesia Raya. Kabag Ops Sedih Masih Banyak Warga Melanggar Tak Pakai Masker

Kabag Ops Kompol I Wayan Sudhita saat memberikan peringata ke warga paruh baya yang tak mengenakan masker. Foto/Beni
Kabag Ops Kompol I Wayan Sudhita saat memberikan peringata ke warga paruh baya yang tak mengenakan masker. Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Puluhan pengendara sepeda motor berbagai usia yang kedapatan tidak memakai masker melintas di Kabupaten Karanganyar dihukum spontan menghapal Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu pengendara dilepas kembali.Tak pelak pemandangan tersebut terkesan lucu karena tidak pandang usia.

Ada yang setengah tua ada juga yang sudah tua wajib menghapal Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di tengah kerumunan pengendara lainnya yang diperiksa.

Bahkan belasan ibu-ibu yang sudah berdandan necis bak emak-emak sosialita yang terpaksa juga harus menanggung malu karena dihukum serupa seperti pelanggar lainnya.

Kabagops Polres Karanganyar, Kompol I Wayan Sudhita yang memimpin razia tersebut bersama Satpol PP Pemkab Karanganyar mengatakan razia digelar untuk mengingatkan kembali kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan guna menghindari wabah Covid 19.

Baca Juga :  Ngontel Ngos-ngosan, Penjual Jajanan Asal Sulawesi Pasrah Bongkokan Tertangkap Razia Tak Pakai Masker di Sragen. Merengkek Tak Punya Uang Rp 50.000, Tak Hafal Pancasila dan Lagu Indonesia Raya, Akhirnya Bayar Denda Pakai Ini!

“Sekarang ini masyarakat mulai kendor disiplin memakai masker, maka kali ini kita ingatkan lagi melalui razia masker,” ujarnya.

Dari razia tersebut menurut I Wayan Sudhita masih banyak ditemui pengendara yang tidak memakai masker karena berbagai alasan.

“Ya jumlahnya puluhan hampir 50 pengendara yang terjaring tentu saja kita sanksi ringan,” tandasnya.

Diakui kali ini dalam rangka sosialisasi mengingatkan kembali pentingnya masker maka hukumannya ringan bersifat edukasi menghapal pancasila dan menyanyi lagu Indonesia Raya.

Baca Juga :  Penambahan Kasus Positif Covid-19 dari Klaster Keluarga Tinggi, Menteri PPPA Ajak Masyarakat Tetap Pakai Masker di Rumah

Namun tidak tertutup kemungkinan ke depan jika makin banyak yang tidak memakai masker maka sanksi berat bisa saja dilakukan.

“Kita amati dulu bagaimana tren perkembangan yang jelas saat ini operasi masker gencar dilakukan di Kabupaten Karanganyar,” imbuhnya.

Menurut I Wayan Sudhita razia masker akan dilakukan secara sporadis di berbagai titik keramaian. Dan minimal seminggu sekali akan digelar razia.

Ia mengaku sangat menyayangkan rendahnya kesadaran memakai masker karena itu ditujukan untuk keselamatan masing-masing warga negara. Beni Indra