JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pemkot Solo Lega, Rumah Milik Terpidana Korupsi SIM Djoko Susilo Tetap Dihibahkan ke Pemkot

Kasi Datun Kejari Surakarta, Adhya Satya Lambang Bangsawan memberikan keterangan kepada awak media berkait kasus hibah aset Djoko Susilo. Foto: JSNews/Prabowo
   
Kasi Datun Kejari Surakarta, Adhya Satya Lambang Bangsawan memberikan keterangan kepada awak media berkait kasus hibah aset Djoko Susilo. Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOLGOSEMARNEWS.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya bisa bernafas lega dengan kepemilikan rumah aset terpidana kasus korupsi simulator SIM, Djoko Susilo. Hal itu setelah Pengadilan Negeri (PN) Kota Solo menggugurkan gugatan yang dilayangkan Poppy Femialya yang tak lain merupakan putri pertama dari mantan Kakorlantas Mabes Polri tersebut.

Dengan keluarnya putusan tersebut, bangunan dan tanah senilai Rp 43 Miliar yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No 70, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan itu kembali ke tangan negara.

Bangunan ini sebenarnya sudah sempat dihibahkan ke Pemkot, kemudian akan dijadikan Museum batik oleh Pemkot. Namum proses tersebut terkendala karena Poppy melayangkan gugatan perdana bulan Desember 2019 silam.

Baca Juga :  Mulai Jajakan Foto Bingkai Prabowo-Gibran, Pedagang di Solo Sudah Dapat 300 Pesanan

“Keputusan hakim menolak gugatan penggugat. Karena objek sengketa bukan merupakan dalam ranah peradilan umum melainkan dalam ranah pengadilan tata usaha negara,” terang Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Kota Surakarta, Adhya Satya Lambang Bangsawan, Rabu (26/08/20).

Adhya memaparkan, selain Pemkot Surakarta, pihak yang digugat secara perdata antara lain Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Kementrian Keuangan (Kemenkeu). Kejari sendiri, lanjut Adhya, merupakan Jaksa pengacara negara untuk Pemkot Solo.

“Jadi kalau menurut mereka, lahan tersebut seharusnya dilelang, bukan dihibahkan kepada Pemkot. Tetapi berdasarkan peraturan perundang-undangan menang diperbolehkan. Sama seperti aset Djoko Susilo yang di Manahan yang kemarin dihibahkan ke Rubasan,” paparnya.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Hak miliknya memamg sudah milik Pemkot. Mesti digugat, untuk lokasi sendiri keadaanya masih dirawat oleh Pemkot,” tambah dia.

Kini, pihak Kejari Kota Surakarta masih harus menunggu, apakah pihak penggugat bakal melayangkan kasasi atau tidak. Setelah kasus ini sudah inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap akan diserahkan kembali ke Pemkot Solo. Aset itu rencananya akan digunakan sebagai museum batik.(Prabowo)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com