JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Terus Diperkuat, Jemaah Salat Jumat di Demak Diberi Masker

Ilustrasi masker kain. Foto: pixabay.com

DEMAK, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dalam rangka memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) penegakkan disiplin protokol kesehatan kian digencarkan.

Ada satu cara agar penerapan protokol kesehatan dapat berjalan maksimal. Satu-satunya cara tersebut yakni disiplin. Seperti halnya yang telah digulirkan Pemerintah Kabupaten Demak.

Tim satuan penegak disiplin protokol kesehatan (SPDP) dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak, bersama Satgas Covid Kecamatan Demak, Kelurahan Singorejo, Koramil dan Polsek Demak melakukan pendisiplinan warga Kelurahan Singorejo Kecamatan Demak yang tidak memakai masker saat keluar rumah.

Camat DemakKota H.M Sahri menyampaikan, kegiatan tersebut menyasar warga setempat dan para jemaah salat Jumat di Masjid Jami’ Al Amin yang tidak bermasker. Tim akan memberikan edukasi dan pemahaman kepada warga yang melintas maupun jemaah tentang pentingnya memakai masker di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Disapa Gubernur Ganjar saat Divaksin Covid-19, Para Pedagang Pasar di Pati Semringah dan Mengajak Selfie

”Jemaah salat Jumat kita beri masker untuk dipakai saat salat, sehingga di dalam masjid tidak ada kekhawatiran terjadi penularan Covid-19. Dengan begitu jemaah dapat merasa tenang dan nyaman dalam beribadah,” jelas Sahri.

Disampaikannya lebih detail, tim juga sempat memberhentikan rombongan remaja yang berkendara motor tanpa memakai masker. Mereka pun mendapat pembinaan dari petugas dan diminta untuk melakukan push up sebanyak 10 kali.

“Setelah itu mereka semua diberi masker dan diberikan pengarahan serta pemahaman tentang pentingnya memakai masker saat di luar rumah, selanjutnya diperkenankan untuk meneruskan perjalanan,” jelasnya.

Baca Juga :  Jadi Bandar Upal, Kakek Asal Mojo Dibekuk Polisi di Temanggung. Saat Ditangkap Bawa Satu Plastik Uang Palsu Rp 21 Juta, di Rumahnya Juga Ada!

Dari pantauan di lapangan, lanjut Sahri, 70 persen jemaah salat Jumat sudah mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker dari rumah.

“Sedangkan 30 persen sisanya, yang tidak bermasker beralasan lupa, tidak memiliki masker dan merasa rumahnya dekat dengan masjid,” imbuhnya.

Anggota tim SPDP dari Dinas Kominfo Kabupaten Demak Rudyanto menyampaikan, masih terdapat beberapa orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Pihaknya terus berupaya mengingatkan masyarakat agar terus disiplin.

“Mereka keluar rumah tanpa memakai masker dan merasa kondisi sudah kembali seperti sebelumnya. Padahal anggapan ini salah besar. Covid-19 masih menjadi ancaman yang harus selalu diwaspadai,” jelasnya. Fara|Satria Utama