JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Prof Taufik Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Pertama Bidang Psikologi Umum UMS

Prof Taufik S.Psi,M.Si.,Ph.D. resmi dikukuhkan sebagai guru besar pertama bidang Psikologi umum UMS. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar pengukuhan guru besar (gubes) secara daring dan luring, Kamis (13/8/2020). Prof Taufik S.Psi,M.Si.,Ph.D. resmi dikukuhkan sebagai guru besar pertama bidang Psikologi umum UMS.

Pengukuhan dipimpin langsung oleh Rektor UMS Prof Sofyan Anif. Rektor memberikan apresiasinya terhadap pengukuhan Prof Taufik sebagai gubes tersebut.

“Selamat pada Prof Taufik. UMS mendukung penuh konsep yang disampaikan mengenai psikologi Akhlaqul Karimah. Kita akan transformasikan hasilnya untuk Fakultas pendidikan, Fakultas keagamaan dan Fakultas psikologi,” urainya.

Baca Juga :  UNS Siap Berkolaborasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri

Prof Taufik yang juga menjabat Wakil Rektor III UMS, menjadi guru besar ke 30 UMS. Selain menjadi gubes pertama Psikologi, Prof Taufik juga tercatat sebagai alumni psikologi UMS.

Sejumlah tokoh juga hadir secara daring memberikan sambutan, yakni Prof DYP Sugiyarto Kepala LLDIKTI Wil VI Jateng dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar Nashir memberi apresiasi atas konsep psikologi Akhlaqul Karimah untuk peningkatan kualitas diri keluarga dan masyarakat, yang disampaikan Prof Taufik saat pengukuhan.

Baca Juga :  Melalui Esai "Belajar dari Pandemi Pes di Awal Abad ke-20", Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNS Juarai Sayembara Lawan Corona

“Kalau konsep tersebut bisa terlaksana dengan baik khususnya pada individual muslim, maka akhlak masyarakat dalam etika publik dalam kehidupan kebangsaan bisa membawa Indonesia maju. Kerja KPK akan ringan karena tidak ada korupsi, dimana akhlak pejabat sudah baik,” ungkapnya.

Haedar berharap ke depannya UMS terus berkontribusi pada bidang akademis dan empirik.

“UMS harus bisa mentransformasikan menjadi etika publik sebagai sumbangsih untuk Indonesia yang kuat jiwa raga, unggul kedepan karena manusia yang berakhlak baik,” tukasnya. Prihatsari