JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

UMS Tambah Guru Besar ke-30, Kukuhkan Taufik sebagai Gubes Bidang Ilmu Psikologi Umum

Rektor UMS, Prof Sofyan Anif saat memberikan ucapan selamat kepada Prof Taufik. Foto: dok
Rektor UMS, Prof Sofyan Anif saat memberikan ucapan selamat kepada Prof Taufik. Foto: dok

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menambah guru besarnya. Kali ini yang dikukuhkan adalah Prof. Taufik Kasturi, S.Psi., M.Si., Ph.D. sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Psikologi. Upacara pengukuhan dilangsungkan pada Kamis (13/8/2020) di Auditorium Moh. Djazman UMS. Taufik merupakan guru besar ke-30 yang dimiliki UMS.

Ini merupakan pengukuhan guru besar secara online kedua yang dilakukan UMS dan menjadi kampus swasta di Jawa Tengah untuk pertama kalinya.  Tamu undangan dapat menyaksikan seremoni pengukuhan melalui platform YouTube TV UMS serta aplikasi zoom meeting. Tak hanya tamu undangan dari dalam negeri, pada pengukuhan ini turut diikuti oleh kolega Prof Taufik dari luar negeri.

Pada Pidato pengukuhannya, Taufik menyampaikan pidato dengan judul ‘Psikologi Akhlaqul Karimah Untuk Peningkatan Kualitas Diri, Keluarga dan Masyarakat’. Untuk meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat, menurutnya harus dimulai dari diri sendiri untuk belajar melakukan Akhlaqul Karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Gawat, Pasien Meninggal Karena Corona Bertambah Lagi Menjadi 20, Saat ini Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Meroket Mencapai 543

“Peningkatan kualitas diri menjadi titik awal bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat. Tidaklah mungkin kita bisa meningkatkan kuakitas keluarga manakala diri kita tidak berkualitas” ujar Taufik dalam pidatonya.

Setelah merampungkan pidatonya, Rektor UMS mengalungkan samir berwarna ungu sebagai simbol dirinyan telah dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu Psikologi umum. Kemudian Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. mengucapkan selamat kepada Taufik Kasturi atas raihan gelar guru besarnya. Rektor juga mengapresiasi judul pidato yang disampaikan Taufik tentang Psikologi Akhlaqul Karimah.

“Di tengah kondisi bangsa yang masih selalu diserang krisis moral, judul dari pidato pengukuhan Prof Taufik sangat sesuai. Ternyata Aklaqul Karimah bisa dipelajari dari aspek psikologi. Saya menunggu kedepan, Prof. Taufik juga meneliti tentang Psikologi keluarga Sakinah, mawadah, wa rahmah” ujar Rektor UMS itu.

Baca Juga :  Pabrik Kasur Busa di Jalan Ciu Sukoharjo Terbakar Hebat, Bau Menyengat Tercium dari Jarak Ratusan Meter

Selain Rektor, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. Kons. dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si. turut menyampaikan ucapan selamat dalam sambutannya.

Prof. Taufik, S.Psi., M.Si., Ph.D selain menjadi Dosen di Fakultas Psikologi, juga menjabat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan UMS. Ia menjadi alumni psikologi UMS pertama yang meraih gelar guru besar bidang Psikologi. (Triawati P)