JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Silakan Cek Rekening, Hari Ini Gaji 13 PNS Karanganyar Sudah Cair. Kepala BKD Tegaskan Tak Ada Potongan Apapun!

Kurniadi Maulato. Foto/JSnews

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 8.627 Pegawai Sipil Negara (PNS) di Kabupaten Karanganyar merasa lega karena gaji 13 sudah cair dan dinikmati.

Tak hanya itu saja kenikmatan menerima gaji 13 ini semakin terasa karena tanpa dikenakan potongan apapun alias nol potongan.

Kadinas Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato mengatakan untuk gaji 13 di Karanganyar benar-benar nol potongan apapun.

Baik sifatnya administratif ataupun potongan kredit bank. Untuk itu penerimaan gaji 13 utuh sehingga dinikmati apa adanya.

Ia menyampaikan teknis tahapan pencairan dimulai pada pertengahan bulan bukan di awal bulan sehingga selesai final tepat di pertengahan hampir akhir bulan.

Baca Juga :  Saat Bupati Karanganyar Terjun Punguti Sampah di Sungai Siwaluh di Hari Clean Up Day. Ini Pesan yang Disampaikan!

“Kan biasanya PNS dipotong untuk pembayaran kredit pada saat awal bulan menerima gaji. Lha sedangkan pencairan gaji 13 jatuh di tanggal 20 Agustus kemarin,” paparnya Kamis (20/8/2020).

Menurut Ketua Kwarcab Pramuka Karanganyar itu, jika pencairan gaji atau insentif diluar gaji rutin awal bulan maka kecil kemungkinan terkena potongan kredit bank.

“Ya kalau insentif diterima di pertengahan bulan kan sudah tak lagi dipotong karena pemotongan terjadi di awal bulan,” lanjutnya.

Rabu siang ( 19/08/2020) anggaran Rp 38.9 miliar baru masuk di Bank Jateng selanjutnya pencairan mulai Kamis (20/08/2020).

Baca Juga :  Kunjungi Karanganyar, Wakil Gubernur Taj Yasin Ungkap Pemicu Mengapa Jumlah Kematian Pasien Positif Covid-19 di Jateng Melonjak Tajam!

Ia menyebut ada pergeseran asumsi perihal gaji 13 hasil verifikasi update jumlah PNS Kabupaten Karanganyar yang menerima gaji 13 tidak sampai sebanyak 9.000 orang.

Namun hanya 8.627 orang saja fix berdasar data kepegawaian. Dengan demikian alokasi anggaran hanya Rp 38.9 miliar tidak sampai Rp 43 miliar seperti asumsi awal.

Dengan begitu lanjutnya alokasi anggaran gaji 13 pun tidak sampai sebanyak Rp 43 miliar seperti asumsi awal. Sedangkan komponen gaji 13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan PPH.Beni Indra