JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Teater Emka Tetap Manggung di Masa Pandemi

Anggota teater Emka Undip Semarang / wandani - joglosemarnews

IMG 20200825 WA0012 1
Anggota teater Emka Undip Semarang / wandani – joglosemarnews

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS – Inovasi dan kreativitas tak mengenal istilah libur. Demikian pula dengan teater Emper Kampus (Emka), Universitas Dipinegoro (Undip), Semarang.

Meskipun kegiatan belajar tatap muka dan aktivitas kampus duliburkan selama pandemi Covid-19, namun teater Emka tetap produktif menghasilkan dan mementaskan karya.

“Selama pandemi ini, kami melakukan pertunjukan menggunakan media daring, seperti instagram, facebook, youtube, line dan media sosial lainnya,” ujar Ketua Teater Emka, Sri Novita Sari kepada Joglosemarnews.

Novita mengatakan, pertunjukan di media daring merupakan alternatif yang efektif untuk menyalurkan hasrat berkarya. Sementara di sisi yang lain, orang tetap membutuhkan hiburan, yang di masa pandemi dipenuhi melalui media sosial.

“Bagi pelaku seni, masa pandemi bukan berarti berhenti. Kami harus tetap berkreasi, sebagaimana hidup dan bernafas sampai titik darah penghabisan,” lanjut Indah.

Baca Juga :  Kebakaran di Depan APAC INTI Bawen, Enam Bangunan Hangus Terbakar, Penyebabnya Diduga dari Kompor yang Meledak

Dia mengatakan, setiap tahunnya teater Emka mengambil satu tema besar yang akan diangkat dalam pertunjukan teater mereka.

Khusus untuk periode ini, tema besar yang diangkat adalah pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan mengambil tema yang sedang hangat di masyarakat, seperti Covid-19, politik dan lain-lain.

Sejauh ini, kata Indah, teater Emka juga mendapat bantuan dari pihak kampus, berupa bantuan dana dari program kerja (Proker) yang dijalankan, sehingga bisa sedikit membantu keuangan teater Emka.

Teater Emka sendiri sudah berdiri cukup lama, dan diresmikan sebagai organisasi kampus pada tahun 1981. Teater Emka adalah UKM yang berdiri di Fakultas Ilmu Budaya Undip, dan bergerak dalam kesenian teater.

Baca Juga :  Disapa Gubernur Ganjar saat Divaksin Covid-19, Para Pedagang Pasar di Pati Semringah dan Mengajak Selfie

Menurut Novita, teater Emka memiliki tahap-tahap penerimaan anggota baru yang terdiri dari tahap magang, tahap staf dan tahap fungsionaris.

Tahapan-tahapan tersebut berguna untuk menyeleksi anggota yang nantinya menjadi anggota aktif.

“Teater Emka tidak terbuka juga bagi mahasiswa dari luar fakultas dan masyarakat yang mau belajar teater bersama,” ujarnya.

Setiap kali hendak mengadakan pementasan, ujar Novita, teater Emka melakukan persiapan yang sangat matang.
Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar dua hingga lima bulan.

“Ini untuk mempersiapkan secara komprehensif, mulai dari persiapan properti hingga pendalaman karakter,” tegasnya. wandani