JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ternyata Rombongan Dibatasi Ini Lho Lur Teknis dan Tatacara Pendaftaran Paslon Bupati Wakil Bupati di KPU Wonogiri dalam Pilbup 2020

Raker KPU Wonogiri. Dok. KPU
Raker KPU Wonogiri. Dok. KPU

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lantaran masih dalam kondisi pandemi COVID-19, tahapan pilkada alias Pilbup Wonogiri 2020 digelar berbeda dibandingkan masa yang sama ketika masih normal. Termasuk tahapan pendaftaran paslon cabup cawabup.

Jika pada masa normal, pendaftaran biasanya diikuti banyak orang dari pendukung paslon. Hingga terjadi kerumunan. Namun di masa pandemi hal itu sangat dihindari.

Terkait hal itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri bersikeras menggelar tahapan sesuai protokol kesehatan. Untuk melancarkannya KPU menggelar simulasi pendaftaran cabup dan cawabup

Baca Juga :  12 Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri Terjaring Razia Masker, Akhirnya Hal ini yang Dilakukan Tim Gabungan

“Simulasi menunjukkan kondisi yang diharapkan terjadi ketika pelaksanaan pendaftaran. Intinya proses pendaftaran menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, Senin (31/8/2020).

Sesuai jadwal, tahap pendaftaran Cabup dan Cawabup akan dilaksanakan dari Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020). Nantinya, calon dan rombongan dipastikan wajib menerapkan protokol kesehatan. Misalnya menggunakan masker dan menjaga jarak.

Selanjutnya rombongan pendaftar diarahkan untuk mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Dilanjutkan masu bilik sterilisasi lantas cek suhu tubuh.

Mereka lantas mengisi daftar hadir. Seterusnya, rombongan masuk ruangan.
Bersamaan dengan itu dokumen dan berkas yang dibawa saat mendaftar disterilisasi dahulu agar lebih aman.

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Wonogiri Akhirnya Batal Digelar, ini Penyebabnya

“Tidak semua anggota rombongan boleh masuk. Nanti sebagian anggota berada di luar, kami sediakan monitor di liat ruangan. Jadi nanti yang boleh masuk yakni pasangan calon, ketua dan sekretaris partai pengusung, bawaslu, tim verifikator KPU dan wartawan,” beber dia.

Pihaknya mewanti-wanti parpol menginformasikan waktu mendaftar ke KPU. Termasuk jumlah rombongan yang dibawa. Aria