JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bawaslu: 243 Bakal Calon Kepala Daerah Langgar Protokol Kesehatan

Ilustrasi Pilkada serentak 2020

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –  Sebanyak 243 dari total 743 bakal pasangan calon kepala daerah diduga telah melanggar protokol kesehatan.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Mochammad Afifuddin.

Mereka, menurut Afifudin, teridentifikasi membawa massa saat mendaftarkan ke KPU.

“Sebenarnya semua orang tahu bahwa salah satu prasyarat Pilkada
2020 dilanjutkan dalam situasi wabah adalah menjaga keselamatan kita, menjaga atau mematuhi protokol kesehatan,” kata Afif dalam sebuah diskusi daring, Kamis (9/9/2020).

Baca Juga :  Dua Pertiga Pengurus Wilayah dan Cabang Setuju, PBNU Putuskan Muktamar Ke-34 Diundur hingga Akhir Tahun 2021

Afif mengatakan, sebelum pendaftaran, Bawaslu telah menyurati para Bapaslon agar tetap menaati protokol kesehatan dengan baik, khususnya saat mendaftarakan diri ke kantor KPU.

Ia menyayangkan para Bapaslon yang tak mengindahkan surat edaran Bawaslu tersebut.

Seharusnya, kata Afif, seluruh pihak yang bakal terlibat dalam Pilkada serentak Desember mendatang menyadari bahwa protokol kesehatan menjadi salah satu syarat mutlak Pemilu di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  KPK Berhasil Saring 9 Pejabat Baru untuk Isi Jabatan Struktural

“Situasi pendaftaran kemarin membangunkan kita semua bahwa masih banyak yang belum patuh dengan protokol kesehatan,” kata Afif.

Sebab itu, Afif berharap ke depannya para Bapaslon lebih serius menanggapi situasi pandemi yang sedang melanda Indonesia bahkan dunia dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.

www.tempo.co