JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ganasnya Virus Covid-19 di Sragen, 2 Orang Positif Di Kedawung dan Plupuh Tulari 10 Orang Hanya Dalam Sehari

Ilustrasi positif virus covid-19
Ilustrasi positif virus covid-19

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Grafik kasus corona virus atau covid-19 Sragen terus menunjukkan tren peningkatan. Hingga Jumat (4/9/2020) ini, sudah 241 kasus positif terjadi di Bumi Sukowati.

Lonjakan angka kasua covid-19 itu tak lepas dari intensifnya tracing atau pelacakan oleh tim DKK dari kasus positif yang ada. Namun, kenaikan cukup cepat itu juga dikarenakan cepatnya penyebaran dari pasien positif yang menulari orang kontak erat di dekatnya.

Kasus di Plupuh dan Kedawung, Rabu (2/9/2020) menunjukkan betapa cepatnya virus covid-19 menyebar ke orang lain. Dalam sehari itu, ada 10 tambahan pasien baru hanya dari kontak erat dengan dua pasien positif di wilayah itu.

Sebanyak 18 warga kembali dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19 hari ini, Rabu (2/9/2020). Mayoritas diketahui merupakan pasien hasil tracing kasus positif sebelumnya.

Baca Juga :  Muncul Penyebaran Covid-19 Klaster Hajatan dan Klaster Tawangmangu, RSUD Karanganyar Ancang-ancang Jika Terjadi Ledakan Kasus Baru. Langsung Tambah 46 Kamar Untuk Pasien Covid-19!

Data yang dilansir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sragen, dari 18 kasus positif Rabu (2/9/2020), 10 orang di antaranya tertular dari pasien yakni ANS asal Plupuh dan H asal Kedawung.

ANS menulari enam orang masing-masing S (L, 59 tahun), IY (P, 29 tahun), HFZ (L, 3 tahun), AS (L, 56 tahun), FFR (L, 17 tahun) dan DF (L, 19 tahun,).

Sementara, H menulari empat pasien di Kedawung. Mereka adalah NHS (L, 69 tahun), EH (L, 39 tahun) TW (P, 68 tahun) NTL (P, 25 tahun).

“Ada tambahan 18 kasus positif. Tapi ada 10 kasus yang penyebaran covid-19 dari kontak erat pasien sebelumnya. Ada enam pasien di Plupuh tertular dari satu orang dan empat pasien di Kedawung juga dari kontak satu orang pasien positif,” papar Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Tatag Prabawanto, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga :  Gawat, Satu PNS di Pemda Sragen Positif Terpapar Covid-19, Berasal dari Karangmalang, Tertular dari Tetangganya!

Menurutnya, hal itu menunjukkan betapa cepatnya virus covid-19 menyebar ketika si pasien positif sudah kontak erat dengan orang lain.

Karenanya ia kembali menekankan pentingnya menjaga protokol kesehatan yakni dengan cuci tangan, jaga jarak, pakai masker dan menghindari kerumunan.

“Hanya dengan mematuhi protokol.kesehatan kita bisa meminimalisir potensi penularan. Makanya kami tak henti mengimbau jaga jarak, pakai masker. Itu kuncinya,” tandasnya. Wardoyo