JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pilkada Sragen: Pasangan Yuni-Suroto Pastikan Bakal Daftar Usai Jumatan, Koordinator Sukiman- Irianto Isyaratkan Pilih Pagi Harinya

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Koalisi parpol pengusung bakal calon Bupati dan wakil bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto mengisyaratkan bakal mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen pada hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9/2020) mendatang.

Sementara, koordinator duet Sukiman-Irianto yang diam-diam sudah yakin dan menyiapkan persyaratan, juga mengisyaratkan bakal mendaftar pada hari yang sama.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sragen Suparno mengatakan pihaknya sudah menggelar pertemuan lintas partai pengusung paslon Yuni-Suroto pada Senin (31/8/2020).

Menurutnya, pertemuan dihadiri oleh parpol pengusung yang sudah turun rekomendasinya. Dia menyampaikan pertemuan tersebut membahas terkat persiapan pilkada 2020 terutama teknis kesiapan pendaftaran.

Ketua DPRD Sragen itu menyebut ada 6 parpol yang sudah menurunkan rekomendasi untuk mendukung pasangan Yuni- Suroto.

“PDIP, Golkar, Demokrat, PKB,PAN dan Nasdem,” paparnya kepada wartawan di DPRD Sragen, Selasa (1/9/2020).

Suparno mengatakan masih ada parpol yang tidak terdapat dalam pertemuan tersebut. Parpol tersebut yakni Partai Gerindra dan PKS. Ia menyebut tidak menutup kemungkinan parpol yang belum bergabung, bakal menyusul di pertemuan berikutnya.

Baca Juga :  Cabup Sragen, Mbak Yuni Terungkap  Punya Harta Kekayaan Total Rp 5,7 Miliar dan Utang Rp 1,5 Miliar. Harta Suroto Nggak Disangka Segini Banyaknya!

”Untuk yang belum turun rekomendasinya bukan tidak mungkin pertemuan berikutnya bisa bergabung,” ujarnya.

Terkait pendaftaran paslon tersebut, Suparno menyampaikan sesuai dengan instruksi pusat, pendaftaran akan dilaksanakan pada Jumat (4/9/2020) mendatang.

Ia menyebut waktu pendaftaran direncanakan usai salat jumat. Yang dipastikan akan mengiring pendaftaran adalah parpol yang mendukung.

Terpisah, koordinator kandidat Sukiman-Irianto, Saiful Hidayat menyampaikan kandidatnya juga sudah siap untuk mendaftar ke KPU. Meski tak menyebut rekomendasi, ia mengisyaratkan duet dengan jargon KI-TO itu sudah siap dengan persyaratan pencalonan dan siap mendaftar ke KPU.

“Insya Allah kami kemungkinan juga akan mendaftar di hari pertama. Kalau mereka habis Jumatan, kita mungkin pagi harinya. Ini persyaratan pencalonan dari pribadi calon sudah hampir finish dan tinggal maju saja,” tukasnya, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga :  Kampanye Pilkada Sragen, Cabup Yuni Siapkan Konsep Lomba Virtual dan Akan Pilih Cara Santun. "Langsam, Tenang, 9 Desember Menang!"

Terpisah, Ketua KPU Sragen Minarso menyampaikan hingga H-2 pendaftaran paslon dari parpol, baru legal officer (LO) PDIP yang sudah berkonsultasi ke KPU untuk mendaftarkan paslonnya.

Ia juga membenarkan sudah ada pemberitahuan terkait pendaftaran dari pasangan Yuni- Suroto. Dari informasi tim paslon petahana itu menyampaikan akan mendaftar pada hari jumat mendatang sekitar pukul 13.30 WIB.

”Sudah ada pemberitahuan dari tim Yuni-Suroto. Sementara baru paslon tersebut yang menyampaikan akan mendaftar pada hari jumat mendatang,” terang Minarso.

Dia menyatakan untuk pendaftaran dijadwalkan selama tiga hari, Jumat-Minggu (4-6/9/2020).

Jika melewati tanggal tersebut dan belum ada pendaftar masih ada masa tenggang selama tiga hari. Lantas dilakukan perpanjangan lagi selama tiga hari dengan digelar rapat pleno sebelumnya.

Pihaknya terbuka bagi paslon maupun tim yang akan berkonsultasi untuk kelengkapan persyaratan dan berkas.

”Sejauh ini dari pasangan Yuni- Suroto, dari yang lain belum ada,” pungkasnya. Wardoyo