JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Seni Budaya

Semarang Gelar Pentas Wayang Virtual Sebulan Penuh

pagelaran wayang secara virtual / lupita - joglosemarnews

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 34 dalang yang tergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia Kabupaten Semarang (Pepadi) melakukan pentas wayang secara virtual.

Pentas yang masing-masing berjalan sekitar dua jam itu, berlangsung selama 30 hari, dan berlangsung di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

Pamong budaya Kabupaten Semarang, Bramantyo mengatakan, pementasan wayang virtual tersebut mengusung tema Wayang Ruwat Serasi (Waras).

“Pentas ini sebagai wadah baru bagi para dalang untuk memperkenalkan bahwa Kabupaten Semarang kaya akan dalang, dan tidak kalah bersaing dengan daerah lain,” ujar Bramantyo, yang sekaligus sebagai Ketua acara Wayang Ruwat Serasi, kepada Joglosemarnews.

Dia mengatakan, pementasan wayang virtual itu sebagai wujud kepedulian pemerintah Kabupaten Semarang terhadap seniman-seniman wayang yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain sebagai menjadi wadah bagi para dalang, ujar Bram, sapaan akrabnya, pentas tersebut juga sebagai obat jenuh bagi masyarakat yang selama pandemi tidak bisa merasakan hiburan.

Terlebih, ujar Bram, setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Semarang selalu menganggarkan untuk pentas wayang dengan menggandeng pamong budaya.

“Karena sekarang lagi pandemi, maka yang kita lakukan ya pentas secara virtual,” ujarnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com