JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

7 Cara Membuat Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Mulai Pakai Lidah Buaya hingga Minyak Kelapa

Ilustrasi bayi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mengikuti tumbuh kembang si buah hati dari bayi memang sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan. Polah tingkah bagi yang lucu dan menggemaskan selalu kita jumpai setiap hari.

Begitu pulu untuk urusan rambut bayi atau anak. Bayi umumnya memiliki rambut yang tidak rata pada beberapa bulan pertama. Seiring dengan waktu, pertumbuhan rambut akan membaik. Namun, Anda bisa mencoba tips untuk membuat rambut bayi lebih tebal dan panjang.

Berikut adalah beberapa tip yang aman, alami dan bisa dilakukan yang akan membantu pertumbuhan rambut bayi, seperti dilansir Times of India, Senin, 12 Oktober 2020.

1. Menyisir dengan lembut

Gunakan sikat lembut untuk menyisir rambutnya. Seperti pijatan, menyisir rambut bayi akan memastikan sirkulasi darah yang baik di kulit kepala.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu minyak rambut paling lembut dengan banyak khasiat. Tidak hanya menyembuhkan kulit kepala tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala balita secara teratur dengan minyak kelapa dapat membuat rambut mereka lebih tebal dan lembut.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

3. Hindari mengikat rambut

Kebanyakan orang tua suka mengikat rambut bayi atau balita mereka dengan kuncir kuda kecil. Itu membuat penampilan mereka terlihat sangat imut, tetapi mengikat rambut sebenarnya dapat merusaknya. Akar rambut bayi lemah dan mengikatnya dapat menyebabkan kerusakan.

4. Vitamin E

Minyak vitamin E juga dapat memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kulit kepala anak. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak vitamin E ke dalam minyak kelapa dan mengoleskannya ke rambut bayi. Minyak vitamin E akan mengunci kelembapan di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Keramas secara teratur

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Kulit kepala yang bersih dan higienis akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Pastikan Anda mencuci kepala bayi secara rutin, tergantung jenis kulit kepalanya yang dimilikinya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis sampo yang sebaiknya Anda gunakan untuk pertumbuhan rambut yang lebih baik.

6. Lidah buaya

Cara mudah dan alami untuk membantu pertumbuhan rambut adalah dengan menggunakan lidah buaya. Anda bisa menggunakan produk jadi yang dijual di toko atau mengikis gel segar dari tanaman lidah buaya. Oleskan langsung gel pada kulit kepala balita dan pijat dengan baik. Biarkan selama 15-20 menit dan bersihkan dengan benar.

7. Gelatin

Gelatin sarat dengan asam amino seperti prolin. Ini akan meningkatkan pertumbuhan rambut tanpa membuat kulit kepala bayi kering atau bersisik. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com