JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Aksi Buang Sampah dari Dalam Mobil ke Sungai Terekam Video dan Jadi Viral, Pelaku Menyerahkan Diri ke Polisi

Tangkapan layar aksi penumpang mobil minibus membuang sampah ke Kalimalang yang terekam video warga dan kemudian viral di media sosial. Foto: Instagram
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

BEKASI, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah rekaman video memperlihatkan aksi penumpang mobil yang membuang sejumlah kantong plastik besar diduga berisi sampah ke Kalimalang, Bekasi. Setelah videonya viral di media sosial pelaku pun menyerahkan diri ke polisi.

Dilansir dari Tempo.co, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan membenarkan adanya warga yang mendatangi kantor kepolisian dan mengaku sebagai orang yang membuang sampah dari dalam mobil pada video yang viral tersebut.

“Masih diinterogasi, bukan diperiksa,” kata Hendra Gunawan ketika dihubungi, pada Kamis (22/10/2020).

Hendra tak menyebut identitas pelaku yang menyerahkan diri. Namun berdasarkan hasil interogasi sementara, pelaku mengaku bahwa sampah yang dibuang ke Kalimalang merupakan sampah rumah tangga dan bukan limbah berbahaya.

Baca Juga :  Twitter Rilis Fitur Fleets, Bisa Unggah Konten yang akan Hilang Setelah 24 Jam. Netizen Sebut Makin Mirip Instagram

Pihak kepolisian lantas berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja karena jenis perbuatan yang dilakukan pelaku termasuk pelanggaran terhadap peraturan daerah (Perda). “Di situ ada tipiring atau tindak pidana ringan, itu domainnya Satpol PP,” ucap Hendra.

Sebelumnya, sebuah rekaman video yang viral di media sosial memperlihatkan sebuah mobil minibus warna putih yang berhenti di pinggir Kalimalang. Tak lama setelah mobil berhenti, tampak gerakan dari sisi kursi penumpang yang lalu melempar sejumlah kantong plastik hitam berukuran besar yang diduga berisi sampah. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (20/10/2020) lalu.

Setelah video itu beredar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi lantas melakukan penelusuran untuk mencari lokasi pembuangan sampah tersebut. Hasilnya, diketahui lokasi dalam video berada di Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Setiadarma RT 04 RW 03, Kecamatan Tambun selatan, Kabupaten Bekasi.

Menggunakan gerobak motor, petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi mengambil sampah-sampah yang dibuang untuk kemudian dibawa ke TPA Burangkeng. Kantong sampah itu belum sempat terbawa arus Kalimalang karena jatuh di bantaran kali.

www.tempo.co