JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alhamdulillah, Ibu Hamil di Wonogiri yang Dinyatakan Positif COVID-19 Kini Sudah Sembuh, yang Dirujuk ke RS Dokter Moewardi Solo Juga Telah Melahirkan Dengan Selamat Bayinya Sehat Tidak Tertular Virus

Tes swab ibu hamil di Puskesmas Wonogiri 1. Dok. Puskesmas Wonogiri 1
madu borneo
madu borneo
madu borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kabar gembira datang di tengah penanganan COVID-19 di Wonogiri. Tenryata ada sejumlah ibu hamil yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 telah sembuh.

Selain itu, seorang dari mereka yang dirujuk ke RS Dokter Moewardi Solo juga telah sembuh. Sudah melewati masa persalinan dengan operasi dan selamat serta bayinya sehat tidak tertular.

“Untuk yang dirujuk itu sudah sembuh, saat ini ibu dan bayinya sudah dibawa pulang. Namun berada di rumah saudaranya. Karena di rumahnya ada dua anggota keluarga yang terpapar setelah dilakukan upaya tracing oleh petugas kesehatan,” ungkap Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa kepada wartawan, Jumat (9/10/2020).

Sebanyak 11 ibu hamil di Wonogiri terpapar Virus Corona. Setelah sepekan menjalani perawatan, lima ibu hamil tersebut dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sisanya tinggal menunggu hasil tes.

Baca Juga :  816 KK, ini Jumlah Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri yang Menerima Bantuan BLT DD

Edy menuturkan, pada saat dilakukan tes swab kepada ibu hamil, awalnya sebagian dari mereka menolak karena takut. Menurut dia, tindakan tersebut bukan untuk menakut-nakuti. Namun hal itu sebagai bentuk perlindungan awal kepada ibu hamil sebelum melahirkan. Sehingga ketika ada gejala semuanya dapat diketahui dan segera mendapat penanganan yang tepat.

“Karena, kondisi ibu hamil termasuk orang yang rentan dan beresiko terhadap penularan COVID-19. Pemkab Wonogiri masih akan melakukan tes swab bagi ibu hamil untuk ke depannya,” beber dia.

Baca Juga :  Debat Pilkada Wonogiri, Hanya Digelar Sekali Namun Bertaraf Nasional, Digadang-gadang Menjadi Cara Ampuh Menarik Perantau Pulang Kampung Nyoblos

Edy Santosa mengimbau agar pasangan pengantin muda di masa pandemi ini untuk menunda kehamilan. Namun jika sudah terlanjur hamil harus rutin periksa di fasilitas kesehatan.

Ibu hamil juga harus menjaga asupan gizi, kalorinya juga harus terjaga supaya energinya tidak berkurang. Ketika hamil tua atau menjelang masa persalinan disarankan untuk mendaftar tes swab di Puskesmas setempat.

“Lapor saja ke Puskesmas, nanti dijadwalkan. Tidak seketika ke Puskesmas langsung diswab, tapi nanti tunggu jadwalnya,” tegas dia.

Soal biaya tes swab, imbuh Edy, dijamin gratis, seratus persen dijamin Pemkab Wonogiri. Bahkan ketika ibu hamil ini terpapar virus Corona dan melahirkan maka biayanya juga ditanggung pemerintah. Aria