JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dinpar Solo Genjot Wisata Gilimanuk alias Gilingan, Manahan, Nusukan

Suasana Stadion Manahan Minggu (12/07/20) pagi, setelah beberapa bulan ditutup. Foto: JSNews/Prabowo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Pariwisata Solo menggenjot potensi wisata Gilimanuk (Gilingan, Manahan, Nusukan). Seperti diketahui, ketiga wilayah tersebut memiliki beberapa potensi wisata menjanjikan diantaranya Sungai Bengawan Solo.

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan menyampaikan, beberapa objek wisata yang ada di tiga kelurahan tersebut, Kelurahan Gilingan, Kelurahan Manahan, dan Kelurahan Nusukan di antaranya Bendungan Karet Tirtonadi, Sungai Bengawan Solo, dan potensi wisata air.

“Salah satu ikon Kota Solo, yakni Sungai Bengawan Solo berada di daerah tersebut. Ini juga akan menjadi salah satu yang diunggulkan pada paket wisata Gilimanuk,” paparnya, Senin (5/10/2020).

Baca Juga :  Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Menurut Hasta, Sungai Bengawan Solo memiliki nilai sejarah tinggi diantaranya menjadi sarana lalu lintas warga masyarakat dahulu.

“Dulu pernah jadi pusat lalu lintas warga, di Bengawan Solo. Selain itu, Kami juga ada beberapa sungai kecil yang mengalir ke Bengawan Solo, ini bisa menjadi objek wisata baru,” imbuhnya.

Di sisi lain, di Gilimanuk juga memiliki beberapa potensi wisata diantaranya Kali Pepe menjadi salah satu pilihan yang bisa dimanfaatkan sebagai lalu lintasnya.

Baca Juga :  Ramadan, Kawasan UMS Diserbu Para Pemburu Takjil: Pedagang Sumringah

“Untuk perahu kami sudah punya tetapi ‘safety’ (keamanan) kami belum siap, di antaranya petugas dan garis batas. Oleh karena itu, di masa pandemi ini kami manfaatkan untuk mengoptimalkan koordinasi. Harapannya ke depan wisata Gilimanuk di Solo ini dapat menambah referensi wisata di Kota Solo. Dan mendongkrak kunjungan ke Kota Solo,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com