JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dinpar Solo Genjot Wisata Gilimanuk alias Gilingan, Manahan, Nusukan

Suasana Stadion Manahan Minggu (12/07/20) pagi, setelah beberapa bulan ditutup. Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Pariwisata Solo menggenjot potensi wisata Gilimanuk (Gilingan, Manahan, Nusukan). Seperti diketahui, ketiga wilayah tersebut memiliki beberapa potensi wisata menjanjikan diantaranya Sungai Bengawan Solo.

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan menyampaikan, beberapa objek wisata yang ada di tiga kelurahan tersebut, Kelurahan Gilingan, Kelurahan Manahan, dan Kelurahan Nusukan di antaranya Bendungan Karet Tirtonadi, Sungai Bengawan Solo, dan potensi wisata air.

“Salah satu ikon Kota Solo, yakni Sungai Bengawan Solo berada di daerah tersebut. Ini juga akan menjadi salah satu yang diunggulkan pada paket wisata Gilimanuk,” paparnya, Senin (5/10/2020).

Baca Juga :  Dua Program Aplikasi Kanwil KumHAM Jateng Diapresiasi Anggota DPR RI

Menurut Hasta, Sungai Bengawan Solo memiliki nilai sejarah tinggi diantaranya menjadi sarana lalu lintas warga masyarakat dahulu.

“Dulu pernah jadi pusat lalu lintas warga, di Bengawan Solo. Selain itu, Kami juga ada beberapa sungai kecil yang mengalir ke Bengawan Solo, ini bisa menjadi objek wisata baru,” imbuhnya.

Di sisi lain, di Gilimanuk juga memiliki beberapa potensi wisata diantaranya Kali Pepe menjadi salah satu pilihan yang bisa dimanfaatkan sebagai lalu lintasnya.

Baca Juga :  Pilkada Solo 2020, Gibran-Teguh Vs Bajo Akan Debat Pada Tanggal 6 November

“Untuk perahu kami sudah punya tetapi ‘safety’ (keamanan) kami belum siap, di antaranya petugas dan garis batas. Oleh karena itu, di masa pandemi ini kami manfaatkan untuk mengoptimalkan koordinasi. Harapannya ke depan wisata Gilimanuk di Solo ini dapat menambah referensi wisata di Kota Solo. Dan mendongkrak kunjungan ke Kota Solo,” pungkasnya. Prihatsari