JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

DPRD Karanganyar Bongkar Praktik Komersialisasi Kapling-Kaplingan Makam. Tony Ungkap Kalau Yang Kaya Bebas Pesan Kaplingan Yang Nyaman, Yang Miskin Terserah Tempatnya!

Tony Hatmoko. Foto/Beni

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – DPRD Kabupaten Karanganyar meminta agar segera diberantas praktik komersialisasi jual beli kapling makam umum.

Pasalnya praktik komersialisasi makam selain melanggar aturan juga dianggap tidak berperikemanusiaan.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Tony Hatmoko mengatakan praktik seperti itu banyak terjadi di lapangan. Yang mana ada diskriminasi antara pemakaman orang kaya dan orang miskin sehingga tempat kaplingnya berbeda.

“Itu sudah menjadi fenomena umum komersialisasi kapling makam tersebut sehingga Raperda harus diarahkan juga bisa mengatasi hal tersebut,” paparnya, Senin (12/10/2020).

Baca Juga :  Bazar Durian Akbar 2023 dan Hiburan Warga Akan Digelar di Desa Gempolan, Catat Tanggalnya!!

Tony mengungkap, di lapangan sering ditemukan jika yang meninggal orang kaya bisa pesan kapling yang letaknya nyaman.

Sedangkan jika yang meninggal warga biasa apalagi miskin mendapat letak kapling yang tidak sebaik kapling orang kaya yang meninggal atau terserah di mana kaplingannya.

Bahkan Ketua DPC PKB Karanganyar itu menyinggung tentang pamijen dalam pemakaman umum yang mana jelas menyalahi aturan. Pasalnya pamijen adalah praktik nyata jual beli kapling.

Baca Juga :  Innalillahi, Warga PSHT Karanganyar Tewas Kecelakaan di Sragen. Diduga Ditabrak Mobil dari Belakang

“Lha mestinya praktik seperti ini harus disudahi karena perkembangan zaman menyebabkan lahan makam kian berkurang,” ungkapnya.

Untuk itu, Tony berharap Raperda Makam yang diajukan Bupati Karanganyar, Juliyatmono diharapkan bisa menjadi Perda percontohan bukti ketegasan pengaturan makam.

Sebab selama ini banyak kabupaten/kota yang meimiliki perda tentang makam.

Senada, Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Rohadi Widodo juga meminta Raperda Makam itu juga mempertegas tentang kriteria retribusi makam.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com