JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Scoot Luncurkan Penerbangan Singapura – Yogyakarta

Ilustrasi
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Scoot, sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier) milik Singapore Airlines  (SIA) Group meluncurkan penerbangan perdana jalur Bandara Changi Singapura ke Bandara  Internasional Yogyakarta (YIA).

Pembukaan jalur tersebut otomatis menandai dimulainya penerbangan dua minggu sekali yang  dioperasikan oleh kelompok pesawat berbadan sempit (narrow-body) Airbus A320 milik Scoot.

Sebagaimana diketahui, YIA  merupakan bandara internasional terbaru di Indonesia yang menggantikan Bandara Internasional  Adisutjipto (YOG) sebagai hubungan penerbangan utama di Yogyakarta.

“Yogyakarta adalah yang pertama dari enam destinasi di Indonesia yang diambil alih oleh Scoot dari  maskapai segrup SilkAir,”  ujar Scoot General Manager, Indonesia, Ajish Morris, sebagaimana dikutip dalam rilisnyake Joglosemarnews.

Sementara destinasi lainnya di Indonesia selain Yogyakarta, menurut Ajish adalah Balikpapan, Lombok, Makassar, Manado, dan  Semarang.

Ajish menjelaskan, selain perjalanan titik ke titik, penumpang Scoot dari Yogyakarta bisa transit di Bandara  Changi Singapura ke destinasi-destinasi SIA Group yang dioperasikan oleh SIA, SilkAir, atau Scoot.

Baca Juga :  Positif Covid-19, Dosen UPN Veteran Yogyakarta Meninggal Dunia

“Saat ini transfer ke dan dari maskapai lain tidak tersedia,” ujarnya.

Scoot, menurut Ajish adalah satu-satunya  maskapai yang saat ini mengoperasikan penerbangan langsung antara Yogyakarta dan Singapura.

“Harapannya, penerbangan kami ini dapat memfasilitasi perjalanan wisata, ibadah dan bisnis antara  kedua negara setelah industri perjalanan pulih dari Covid-19,” bebernya.

Ajish yakin bahwa jaringan yang dimiliki Scoot cukup luas dan bisa mendukung pembukaan jalur baru tersebut, termasuk rute Singapura-Jeddah.

“Kami berharap dapat melayani lebih banyak penumpang yang perlu melakukan  perjalanan penting,” ujar Ajish.

Sebagai bagian dari SIA Group, Ajish mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk  memberi penumpang ketenangan pikiran saat terbang bersama Scoot, terutama selama masa  sulit ini.

“Mulai dari kebijakan pemesanan dan pengembalian dana kami yang ramah pelanggan,  sampai langkah-langkah keamanan komprehensif sejak pra-penerbangan hingga pasca penerbangan, serta inisiatif-inisiatif lain yang akan segara kami kenalkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Rayakan 82 Tahun, Sinar Mas Wakaf 1.000 Al Quran di Gunungkidul

Penumpang yang memesan tiket Scoot mulai sekarang sampai akhir 2020, jelas Ajish, dapat membuat perubahan tanggal, gratis satu kali terhadap pemesanan mereka sesuai kebutuhan.

Selaras dengan protokol kesehatan yang dianjurkan, ujar Ajish, Scoot pun mematuhi aturan tersebut, termasuk karantina (Stay-Home Notice), atau melakukan swab test.

Saat ini, semua  penumpang, termasuk warga negara Indonesia dan warga negara asing yang memasuki Yogyakarta  harus melakukan PCR test maksimal tujuh hari sebelum penerbangan.

Tiket tersedia untuk dipesan di FlyScoot.com, aplikasi seluler Scoot, dan agen perjalanan terdaftar.  Harga tiket Kelas Economy FLY satu arah termasuk pajak mulai dari Rp 1.255.000 untuk  penerbangan Yogyakarta-Singapura dan SGD 147 untuk penerbangan Singapura-Yogyakarta. suhamdani