JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang Gelar Pemilihan OSIS Secara Daring

Dok SMP PL Dominico Savio Semarang

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah pandemi Covid-19, SMP Pangudi Luhur (PL) Domenico Savio Semarang menggelar pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS (Pemilos) secara daring.

Mengingat masih pandemi, pemilihan yang biasanya menggunakan kampanye dan pencoblosan secara langsung, kini dilakuan secara daring, Jumat (2/10/2020).

“Pemilihan dilakuan dengan menggunakan aplikasi office form,” jelas guru SMP PL Domenico Savio, FX Triyas Hadi Prihantoro dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Dijelaskan, calon Ketua OSIS 2020/2021 ada tiga kandidat yang dipilih oleh 1.200 lebih siswa dan guru yang mempunyai hak pilih.

Dari nomer urut satu, mereka adalah pasangan Raphael Jenar Wibisono- Sangramawijaya Maha Binatara; Gracia Octa Putri Pamuji – Samanta Lauren Hadisaputra; dan Skolastika Tess Lenita – Valencia Chelsea Tjokrosularso.

Baca Juga :  Fakultas Hukum Unisri Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat Angkatan I

Dikatakan oleh pembina OSIS, proses pemilihan kandidat, bahwa ada yg sudah menentukan pilihan itu saat pendaftaran dulu. Tapi ada juga ada yang kami ‘temukan’ saat proses wawancara.

“Namun memang semua kami dalami dalam proses wawancara, siapa saja yang layak untuk jadi pemimpinnya, “ ucap Cirylius Hari.

Adapun masa kampanye online dilaksanakan mulai 26 september hingga 1 Oktober 2020. Kandidat menyampaikan visi misi secara online juga.

Seperti visi kandidat pertama hendak menciptakan siswa-siswai SMP PL Domenico Savio yang aktif, mandiri, murah hati, jujur dan murah hati serta dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sedang misi kandidat dua salah satunya hendak mengajak dan membuat kegiatan yang mengasah minat dan bakat. Semua visi dan misi sudah di sharekan ke semua domsavian lewat grup kelas masing-masing.

Baca Juga :  Kemendikbud Tunjuk SD Muhammadiyah PK Kottabarat Pendampingan Kurasi Kurikulum

Salahsatu siswa kelas 7 E, Frederic mengaku terkesan dengan pemilihan model baru tersebut. Pemilos baginya merupakan bentuk pengalaman pertama dalam melaksanakan hak pilih di SMP.

“Saya baru merasakan pengalaman Pemilos ini baru pertama kalinya, menurut saya sistem Pemilos online ini cukup menarik,” ujarnya.

Setelah voting online ditutup pukul 18.00, sebanyak 905 suara masuk. Sebanyak 239 suara untuk kandidat satu, 350 suara kandidat dua dan 316 suara untuk Kandidat tiga.

Berdasarkan suara yang sah, maka pasangan Gracia Octa Putri Pamuji – Samanta Lauren Hadisaputra berhak menjadi Ketua dan Wakil OSIS periode 2020/2021. suhamdani