JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terungkap, Pabrik Sepatu PT Eiro Kalijambe Sragen Yang Terbakar Hebat, Ternyata Belum Ada Setahun Beroperasi. Operasional Disebut Masih Dalam Proses Training

Kepulan asap tebal menghitam dari kebakaran pabrik sepatu PT Eiro Foam Kalijambe Sragen, Sabtu (24/10/2020). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran yang melanda pabrik di Kalijambe, Sabtu (24/10/2020) petang mendapati fakta baru. Pabrik Spons Sepatu PT Eiro Foam dan Function di Salam, Saren, Kalijambe itu ternyata belum lama berdiri.

Kades Saren, Mustajab mengungkapkan pabrik yang memproduksi sepatu dan spons foam itu belum genap setahun berdiri.

“Belum lama kok. Setahun belum ada operasinya,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (24/10/2020) malam.

Kades menguraikan pabrik itu juga masih beroperasi dalam tahapan training. Karenanya kejadian kebakaran hebat yang terjadi hari ini cukup mengenyakkan.

“Wong itu baru tahap training Mas,” tuturnya.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi pukul 15.30 WIB, saat pabrik masih beroperasi.

Dua karyawan yang mengetahui kejadian adalah Samidi (44), karyawan bagian kontruksi warga Dukuh Payaman RT  01/02, Kasihan, Ngadirojo, Wonogiri dan Endhy Kuswanto (32) tenaga kontruksi asal Dukuh Babahan RT 03/08, Sidomulyo, Purworejo, Purworejo.

Baca Juga :  Nostalgia Foto-foto Jadul Terminal Bus Martonegaran Sragen

Menurut keterangan keduanya kepada petugas, saat kejadian mereka sedang salat ashar di gedung 3. Selesai salat, mendadak mereka dikejutkan dengan suara ledakan dahsyat di gedung yang sama.

Kemudian mereka melihat bagian tumpukan bahan baku foam dalam keadaan sudah terbakar. Keduanya sempat mengambil alat pemadam api ringan (apar) yang ada dan mencoba memadamkan api.

Namun api tidak kunjung padam dan makin tak terkendali. Kemudian kedua petugas itu berteriak kepada karyawan lain untuk membantu memadamkan api.
Karena api makin membesar, mereka kemudian menghubungi pemadam kebakaran.

Berdasarkan data yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , pabrik yang terbakar memiliki tiga gedung dan 2 lorong dengan setiap gedungnya berukuran 60 X 46 meter dengan lorong 60 X 10 meter.

Baca Juga :  Momen Wisuda Akbar Sekolah Tahfidz Kids Balita dan Qur'anic School Center Ar Rahman di Sragen Angkatan ke-8 Ciptakan Anak Penghafal Al Qur'an dan Kebaikan Untuk Indonesia

Pabrik terbuat dari dinding tembok atap galfalum alas cor beton dan rangka baja.
Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian material belum diketahui dan masih dalam proses pemadaman.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sampai saat ini api masih dalam proses pemadaman. Kerugian belum bisa dihitung karena masih menunggu api padam,” papar Kapolsek Kalijambe, Iptu Aji Wiyono, Sabtu (24/10/2020) malam.

Kepala Satpol PP dan Damkar Sragen, Heru Martono membenarkan musibah kebakaran pabrik sepatu tersebut.

Ia menyampaikan kebakaran terpantau sejak pukil 15.30 WIB dan melanda pabrik sepatu di wilayah Dukuh Salam, Desa Saren, Kalijambe.

“Saat ini masih upaya pemadaman masih berlangsung,” paparnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com