JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Usai Foto Truk Masuk Habitat Komodo Viral di Media Sosial, Pulau Rinca Kini Ditutup untuk Wisatawan

Foto yang viral di media sosial Twitter, memperlihatkan truk yang berada di habitat komodo di Pulau Rinca. Foto: Twitter/@KawanBaikKomodo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menyusul beredarnya foto dan video truk masuk ke kawasan habitat komodo yang menjadi viral di media sosial, kini Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menutup sementara kawasan wisata Loh Buaya atau Pulau Rinca, mulai 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021.

Informasi mengenai penutupan kawasan wisata Pulau Rinca tersebut tertuang dalam surat pengumuman dari BTNK Nomor PG 816/T.17/TU/EVLP/10/2020 tertanggal 25 Oktober 2020. Kabar penutupan itu juga telah dibenarkan oleh Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo, Shana Fatina Sukarsono.

“(Surat itu) Benar. Untuk safety security (keselamatan dan keamanan) wisatawan, pembangunan, dan satwanya juga,” ungkap Shana dalam pesan tertulis melalui Biro Humas dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diterima Tempo, Senin (26/10/2020).

Baca Juga :  Ditempatkan Terpisah dari Tamu Dialog Nasional 212 Lainnya, Rizieq Shihab Mengaku Sedang Jalani Observasi dan Akan Jalani Tes Swab Secara Berkala

Surat penutupan kawasan wisata ini ditandatangani oleh Kepala BTNK Lukita Awang. Balai Taman Nasional Komodo juga akan mengevaluasi kebijakan penutupan kawasan setiap dua pekan sekali.

Adapun langkah penutupan Pulau Rinca itu dilakukan untuk proses percepatan penataan dan pembangunan sarana-prasarana wisata yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam suratnya, Lukita menjamin pembangunan kawasan wisata tetap mengutamakan keselamatan satwa komodo yang jumlahnya sekitar 60.000 ekor, termasuk yang sering terlihat di lokasi pembangunan sebanyak 15 ekor.

Lukita juga memastikan akan menggelar persiapan atau briefing bagi pekerja, petugas, dan pengawas pembangunan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Foto Viral

Pada akhir pekan lalu, viral sebuah foto yang memperlihatkan adanya truk bermuatan besi pancang yang masuk ke habitat komodo hingga berhadap langsung dengan reptil dilindungi itu. Foto itu disebut diambil di area Pulau Rinca.

Baca Juga :  Terjerat Kasus Prostitusi Online, Artis ST dan SH Digerebek saat Layani Pelanggan. Polisi Ungkap Tarif dan Status Keduanya

Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter, @KawanBaikKomodo pada Jumat (23/10/2020). Setelah terbitnya surat pengumuman penutupan Pulau Rinca untuk wisatawan, akun tersebut kembali mengunggah twit yang menyebut mendapat informasi bahwa semua orang di Pulau Rinca kini dilarang mengambil dan mengirim foto dari lokasi tersebut.

“Anda mungkin tidak akan mendapat update foto lagi. Kawan-kawan Baik Komodo di lapangan takut kena kriminalisasi karena sudah ada surat penutupan dan larangan. Apa yang terjadi di Taman Nasional Komodo semakin sulit diketahui publik. Negeri ini tidak sedang baik-baik saja. Begitu juga Komodo. #SaveKomodoNow,” tulis akun tersebut, Senin (26/10/2020).

www.tempo.co