JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Video Rumah Unik di Perbatasan, Terasnya Ada di Indonesia tapi Dapurnya di Malaysia

Tangkapan layar video TikTok yang viral menampilkan bagian dalam rumah yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia. Foto: TikTok/@keykokey
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah video yang memperlihatkan rumah di perbatasan Indonesia-Malaysia menjadi viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh pengguna TikTok, pada Minggu (18/10/2020) lalu.

Dalam video tersebut, ditampilkan bagian dalam sebuah rumah yang diketahui dibangun tepat di atas garis perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia, sehingga sebagian bangunan masuk wilayah Indonesia, sementara sebagian lainnya berada di Malaysia.

Perekam video memberi keterangan “Rumah viral perbatasan Indonesia-Malaysia” dalam videonya. Ia pun memperlihatkan bagian dalam rumah, mulai dari ruang tamu yang bernuansa oranye, hingga bagian ruang makan dan dapur dengan dinding yang didominasi warna hijau.

Pada ruang tamu yang ada di bagian depan rumah, terdapat foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sementara di ruangan bagian belakang, yang meliputi ruang makan, terpasang bendera Malaysia di dindingnya.

Baca Juga :  Viral Penampakan Bola Cahaya Merah di Langit Ciamis pada Minggu Malam, Warga Kaitkan dengan Robohnya Pohon Keramat. Ini Kata LAPAN: Bukan Objek Antariksa

“Jadi ini rumah yang viral antara Indonesia dan Malaysia. Ini ruang tamunya ada di Indonesia, sedangkan kalau dapurnya sendiri itu ada di Malaysia.”

“Bayangin nggak sih guys, itu bisa mondar-mandir antara Indonesia Malaysia dong,” kata perekam video.

@keykokey

#voiceeffects #fyp #rumahviral #perbatasanindonesiamalaysia

♬ original sound – keyyy – keyyy

Antara ruangan di bagian depan yang masuk wilayah Indonesia dengan ruangan di bagian belakang yang berada di Malaysia, hanya terpisah sebuah pintu, yang di dindingnya, terpasang dua papan penunjuk berlawanan arah.

Papan penunjuk bertuliskan Indonesia yang mengarah ke ruang tamu. Sedangkan papan penunjuk bertuliskan Malaysia mengarah ke ruang dapur.

Rumah itu sendiri diketahui bernama Rumah Mappangara, yang berlokasi di Desa Aji Kuning, kawasan Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, yang berbatasan langsung dengan Kota Tawau, Malaysia.

Rumah tersebut dulunya merupakan kantor dan gudang penyimpanan biji coklat. Namun kini rumah itu telah dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Tidak hanya satu rumah, menurut perekam video, beberapa bangunan di wilayah itu memang ada yang dibangun tepat di atas garis perbatasan, sehingga sebagian berada di wilayah Indonesia, sementara sebagian lainnya masuk wilayah Malaysia.

Video yang kemudian diunggah ke media sosial TikTok itu pun menuai komentar beragam dari netizen. Beberapa bahkan cukup menggelitik dan mengundang tawa.

“Kalau gabut tengah malam pengen bikin mie instan harus ke Malaysia dulu,” tulis salah seorang netizen di kolom komentar.

“Kalau lagi duduk di tangga sambil selonjoran, kakinya ada di Indonesia kepalanya di Malaysia,” komentar netizen lainnya.