JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wilayah Selatan Banten Diguncang Gempa Tektonik 3 Kali Beruntun, Kamis

Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Wilayah selatan Banten diguncang gempa tektonik tiga kali berturut-turut, pada Kamis (22/10/2020) pagi. Gempa mulai terjadi selepas tengah malam.

Gempa terbaru muncul pada pukul 06.50 WIB dengan magnitudo 4,4. Guncangannya terasa dari Bayah, Banten sampai Sukabumi dengan intensitas menguat.

Menurut keterangan dari petugas Stasiun Geofisika BMKG Bandung, pusat sumber gempa berlokasi di koordinat 6.98 LS – 106.32 BT atau di laut Samudera Indonesia.

Jaraknya sekitar 9 kilometer arah tenggara Bayah, Banten. Gempa dilaporkan tidak menghasilkan tsunami.

Berkedalaman 10 kilometer, gempa yang tergolong dangkal itu getarannya terasa di Bayah hingga Pelabuhan Ratu, Sukabumi dengan skala intensitas III MMI. Guncangan gempa dirasakan orang di dalam rumah seakan ada truk yang melintas.

Sementara di daerah Cikembar, Sukabumi, dilaporkan gempa terasa lebih kuat dengan skala intensitas IV MMI. Selain terasa di dalam rumah, sebagian orang di luar juga merasakan getaran gempa dan bisa membuat gerabah pecah, jendela atau pintu berderik serta dinding berbunyi.

Baca Juga :  Pemimpin FPI Rizieq Shihab Masuk Rumah Sakit, Ini Kata Dirut RS UMMI Bogor: Tidak Mengarah ke Covid-19

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho lewat keterangan tertulis, Kamis 22 Oktober 2020.

Sekitar 6 jam sebelumnya, BMKG mencatat gempa pertama di Bayah hari ini bermagnitudo 3,7 pada pukul 00:38:15 WIB. Pusat gempanya berada di laut pada koordinat 7 LS dan 106.32 BT. “Berjarak 10 kilometer arah tenggara Bayah, Banten,” kata Hendro.

Gempa tergolong dangkal dengan kedalaman sekitar 8 kilometer. Gempa terasa di wilayah Pantai Sawarna, Bayah dan sekitarnya dengan Skala Intensitas III MMI.  Getaran gempa dirasakan orang di dalam rumah seakan ada truk yang melintas.

Baca Juga :  Polri Sebut, Penurunan Baliho Rizieq Shihab Karena Langgar Perda dan Mengandung Unsur Provokasi

ADVERTISEMENT

Adapun gempa kedua muncul pada pukul 01:09:28 WIB. Kekuatannya bermagnitudo lebih kecil yaitu 2,6. Pusat  koordinat 6.92 LS dan 106.34 BT dengan kedalaman 11 kilometer. Lokasi tepatnya berada di darat berjarak sekitar  9 kilometer arah timur laut Bayah, Banten. Gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Cibayawak, Bayah dengan Skala Intensitas I – II MMI. 

Menurut BMKG ketiga gempa itu disebabkan sumber yang sama.

“Akibat aktivitas Sesar Bayah Timur,” ujar Hendro.

BMKG meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

www.tempo.co