JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI Gelar USG Gratis untuk Dhuafa

Dok SOLOPEDULI

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI di Jalan Petir, Jebres, Solo kembali mengadakan pelayanan ultrasongrafi (USG) secara gratis bagi ibu-ibu hamil dhuafa, akhir pekan lalu.

Kegiatan itu dilakukan rutin dua kali setiap bulan, yakni pada hari Sabtu pekan ke dua  dan pekan ke empat pada pukul 16.00 WIB.

USG yang merupakan teknik menampilkan gambar atau citra kondisi bagian dalam tubuh, khususnya untuk melihat perkembangan janin ibu hamil itu dilakukan dr.  Osa Kausar Heridho, Sp.OG.

Siti Nur Janah, salah satu pasien yang menjadi anggota (member) Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI mengaku rutin melakukan pemerisaan di klinik itu.

“Saya rutin USG di klinik ini karena dekat dengan rumah dan pelayan juga bagus,” ungkap Siti Nur Janah yang beralamat di Tegalkuniran, Jaten ini.

Manajer Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI, Tugiman,  mengatakan, klinik SOLOPEDULI melayani pasien umum dan member khusus.

Baca Juga :  Legenda Arseto Solo, Ricky Yacobi Meninggal Dunia. Diduga Serangan Jantung Saat Main Bola di Senayan. Begini Ceritanya

Member Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI merupakan pasien dhuafa atau mereka yang dikategorikan dalam ekonomi menengah ke bawah, sehingga pelayanan dan pengobatan terhadap mereka tidak dipungut biaya alias gratis.

”Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Alhamdulillah kegiatan USG tetap berlangsung. Kami lakukan kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan menggunakan masker baik untuk tenaga medis maupun untuk pasien, dan mencuci tangan sebelum masuk klinik serta menjaga jarak,” Tugiman.

Selain USG dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi, menurut dia, juga untuk melihat kondisi bayi dalam kandungan secara keseluruhan, mengetahui pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan bayi, memeriksa detak jantung bayi, melihat kondisi plasenta, rahim, ovarium dan leher rahim dan lain-lain.

“Dengan adanya kegiatan ini, harapannya ibu dan bayi di dalam kandungan tetap terpantau perkembangan dan kesehatannya. Terutama pasien dari kalangan menengah ke bawah,” imbuh Tugiman, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga :  3.386 Mahasiswa UMS Jalani Wisuda, Harus Taati Prokes dan Serahkan Rapid Test dengan Hasil Nonreaktiftif

Desinfektan Setiap Pagi

Sementara itu, untuk  mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19), Klinik Ummat SOLOPEDULI yang berada di Jalan Songgo Bumi No. 11-9, Dusun Manang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo secara rutin melakukan sterilisasi dengan desinfekten ke seluruh bagian klinik.

Setiap pagi, baik perawat maupun OB, kata Tugiman, melakukan penyemprotan dan membersihkan ke semua bagian dengan desinfektan.

Bahan desinfektan yang digunakan, kata Tugiman adalah 100 mL NaOCl 5,2% dicampur 900 mL H2O2. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kepercayaan Klinik Ummat.

“Dalam Upaya pencegahan dan mengurangi kasus Covid 19 di Indonesia, Klinik Ummat melakukan sterilisasi dengan desinfektan di ruangan dan barang yang sering digunakan oleh pasien. Semoga dengan upaya ini, Pandemi Covid 19 di Indonesia segera usai,” ujar Tugiman, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.  suhamdani