JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Masa Pandemi, Pembelian Tiket Kereta Api 80 Persen Sudah Melalui Online

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan kebijakan pengaturan jarak atau social distancing melalui pemasangan garis pembatas / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Situasi pandemi saat ini telah memaksa masyarakat untuk menerapkan kebiasaan baru, termasuk dalam hal pembelian tiket kereta. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat hingga September 2020, pembelian tiket kereta api sebanyak 80 persen sudah dilakukan secara online atau daring.

Disampaikan Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus, kondisi tersebut turut didukung dengan pengembangan pembayaran digital secara berkelanjutan yang dilakukan pihak perseroan sehingga membuat masyarakat lebih memilih transaksi tiket KA secara online.

“Hingga September 2020, pembelian tiket secara online sudah mencapai 80 persen dari seluruh penjualan. Kami yakin inovasi juga menjadi salah satu faktor yang mendorong tumbuhnya jumlah pelanggan KAI dari waktu ke waktu,” kata Joni dalam siaran pers, Sabtu (31/10/2020).

Lebih lanjut Joni menuturkan, selama masa cuti bersama dan libur panjang di akhir Oktober ini, PT KAI sudah menjual total sekitar 189.000 tiket perjalanan kereta api. Jumlah ini diklaim mengalami kenaikan hingga 52 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Baca Juga :  PT BPR BKK Karangmalang Gelar Workshop APU PPT dan Strategi Pencapaian RBB 2021

Joni pun berharap dengan terus berkembangnya inovasi PT KAI di bidang layanan digital akan dapat memberi kontribusi yang nyata terhadap kemajuan layanan transportasi nasional.

PT KAI juga terus mengembangkan aplikasi KAI Access, salah satu inovasinya adalah dengan menghadirkan Program Loyalitas Railpoint dan pembayaran menggunakan QRIS di KAI Access.

Dia menjelaskan Railpoint adalah program keanggotaan (membership) yang dibuat untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara PT KAI dengan konsumen setianya. Program ini telah resmi diluncurkan pada 28 September 2020.

Baca Juga :  Apa yang Harus Dilakukan di Musim Gugur untuk Meningkatkan Modal Anda?

Cara untuk mendapatkan Railpoint yakni dengan mendaftarkan data diri pada aplikasi KAI Access minimal versi 4.3.8 atau melalui situs KAI. Setelah terdaftar, maka konsumen akan mendapatkan Railpoint untuk setiap pembelian tiket perjalanan kereta api jarak jauh komersial di seluruh channel.

Agar dapat menikmati lebih banyak keuntungan, maka pelanggan diimbau untuk melakukan peningkatan keanggotaan menjadi member premium, yang nantinya akan mendapat keuntungan berupa redeem point, program eksklusif, diskon spesial, dan layanan premium.

Joni mengatakan, program loyalitas ini merupakan upaya berkelanjutan PT KAI dalam memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, khususnya pengguna aplikasi KAI Access yang sudah mencapai 4,5 juta pengguna. Selain itu dengan menggunakan fitur QRIS, KAI Access dapat menerima pembayaran melalui seluruh penyedia layanan Dompet Digital.

www.tempo.co