JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rizieq Shihab Segera Pulang ke Indonesia, Ini Reaksi Sebagian Warga

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Foto: Tribunnews
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Rencana kepulangan Imam Besar FPI, Rizieq Shihab memunculkan reaksi beragam dari kalangan masyarakat. Ada yang menyambut dengan suka cita dan penuh harap.

Namun di luar itu, banyak pula yang menyambutnya dengan biasa-biasa saja.

Arief (52), tukang ojek yang biasa mangkal di depan kediaman Rizieq Shihab dan markas Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat mengaku tak begitu antusias menyambut kepulangan Rizieq.

Sebab menurut dia, bertemu dengan Rizieq yang merupakan Imam Besar FPI sudah terjadi hampir setiap hari. 

“Udah biasa saya mah. Kan dia (Rizieq) emang orang sini. Jadi biasa aja kalau ketemu lagi,” ujar Arief saat ditemui Tempo di pangkalan ojeknya, Kamis (5/11/ 2020).

Mengenai banyaknya spanduk dan poster di sekitar lokasi yang ditujukan untuk menyambut Rizieq, Arief mengatakan hal itu dipasang oleh anggota FPI.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kapolri Beri 16 Instruksi Khusus Jaga Netralitas. Larang Polisi Berfoto Jempol atau Dua Jari

Agus, warga Petamburan III lain, juga mengatakan tak begitu antusias menyambut kepulangan Rizieq. Ia juga mengaku tak akan ikut berkumpul menyambut kepulangan Rizieq, karena khawatir penularan virus Covid-19.

“Lagi Corona, kalau kita kena kan repot juga. Warga juga ga mau ramai-ramai karena lagi pandemi Corona,” demikian Agus.

Pada Rabu, 4 November 2020 kemarin, Rizieq Shihab mengumumkan tanggal kepulangannya ke Indonesia. Dalam siaran langsung di akun YouTube Front TV milik FPI, Rizieq mengatakan akan berangkat ke Indonesia dari Jeddah, Arab Saudi pada Senin (9/11/2020) pukul 19.30 waktu setempat. 

“Dari Jeddah terbang dengan pesawat Saudia Airline nomor penerbangan SP 816. Insya Allah, pada Selasa, 10 November pukul 09.00 pagi sampai di Terminal 3 Bandara Cengkareng,” ujar Rizieq dalam video tersebut, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga :  Cegah Jemaah Umrah Positif Covid-19, Menteri Agama Buat Aturan Baru. Calon Jemaah Wajib Jalani Karantina 3 Hari Sebelum Berangkat

Tak cuma mengumumkan kepulangannya ke Indonesia, Rizieq juga mengatakan sudah memiliki banyak rencana saat tiba Indonesia. Salah satu agendanya seperti pembangunan pondok pesantren di Megamendung, Puncak Bogor, hingga menikahkan putrinya.  

“Bila tidak ada lagi gerakan makar dan intelijen musuh, insya Allah semua itu bisa terlaksana dengan baik,” ujar Rizieq. 

Menyambut kepulangannya, deretan spanduk dan poster bergambar wajah Rizieq Shihab terpasang di sepanjang Jalan K.S. Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dari pantauan Tempo di lokasi, sebuah baliho besar dengan wajah Rizieq dan para pentolan FPI terpasang tepat di seberang Jalan Petamburan III. 

“Selamat datang Imam Besar Umat Islam Indonesia, ayo revolusi akhlak!” bunyi tulisan dalam baliho tersebut. 

www.tempo.co