JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Senin Hari ini Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Alias Offline Digelar di Wonogiri, Ada 2 Sekolah yang Menerapkan, Sebelumnya Tes Swab Guru Murid Tunjukkan Hasil Negatif

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa. JSNews. Aris Arianto

Plt Bupati Edy Santosa
Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hari ini Senin (9/11/2020), dua sekolah tingkat SMA di Wonogiri mulai menerapkan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) alias offline. Simulasi PTM SMA dan SMK di Wonogiri digelar hingga dua pekan ke depan.

Hal itu diperkuat fakta bahwa sampel uji swab ratusan guru, karyawan dan siswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) akhir Oktober lalu, hasilnya negatif semuanya.

Simulasi PTM sendiri akan dilakukan selama 14 hari. Adapun SMA yang ditunjuk propinsi untuk menggelar simulasi PTM yakni SMAN 2 dan SMKN 2 Wonogiri.

Plt Kepala SMK Negeri 2 Wonogiri Gunarsi, berujar, kendati hasil swab negatif, penerapan protokol kesehatan bakal dilangsungkan secara ketat. Ini demi meminimalisasi potensi penularan COVID-19.

Gunarsi mengatakan, spesimen uji swab seluruh guru, karyawan dan siswa baru-baru ini sudah keluar. Sebanyak 130 guru dan karyawan bakal ikut andil di dalam simulasi itu hasil swabnya negatif. Begitu pula dengan 90 siswanya kelas XI dari lima jurusan, hasil uji swab mereka juga dinyatakan negatif. Meski pada saat pelaksanaan ada sembilan siswa yang tidak hadir mengikuti uji swab.

Baca Juga :  Gawat, Hanya Dalam Setahun Ada 55 Kasus Baru HIV/AIDS di Wonogiri, Total Kasus Akumulatif Menjadi 609 Sejak 2001

“Yang jelas sudah bisa dimulai simulasi PTM. Protokol kesehatan akan kita terapkan dengan ketat,” ujar dia.

Sementara, Kepala SMA Negeri 2 Wonogiri Sumanto mengatakan sebanyak 47 guru, delapan petugas tata usaha dan 40 siswa SMA N 2 Wonogiri juga menjalani uji swab. Sebagian besar di antaranya juga sudah keluar. Pihaknya komitmen dalam memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat pada saat dilangsungkannya simulasi PTM.

Baca Juga :  Datangkan BKO Brimob Hingga Personil Polres Karanganyar, Seperti ini Persiapan Pelaksanaan Pilkada Wonogiri 2020 yang Tinggal Menghitung Hari

Terpisah, Kepala Dinkes Wonogiri Adhi Dharma turut mengkonfirmasi hasil swab dari para guru, karyawan dan siswa di dua sekolah itu sudah keluar. Mereka hasilnya negatif semua. Adi menyebut, untuk SMKN 2 terdapat sembilan siswa yang saat dilakukan swab tidak bisa hadir. Otomatis, mereka tidak boleh mengikuti PTM. Rencannya, mereka akan dijadwalkan untuk mengikuti swab di UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

Begitu juga untuk SMAN 2 ada dua siswa yang hasil swabnya masih menunggu. Oleh sebab itu, selama hasil swabnya belum keluar dilarang mengikuti simulasi PTM.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa mengatakan pihaknya bakal melakukan monitoring dan evaluasi terkait simulasi PTM yang digelar di dua sekolah itu. Tim akan turun dan mengawal hingga program simulasi PTM itu kelar. Aria